NASA : Cara Mudah Mengetahui Adanya Kehidupan di Planet Lain

Sebuah metode kimia sederhana sangat bisa membantu usaha para ilmuwan dalam mencari tanda-tanda kehidupan di planet lain.

Tes menggunakan teknik berbasis cairan yang dikenal sebagai elektroforesis kapiler yang digunakan untuk memisahkan campuran molekul organik menjadi komponen-komponennya. Metode Ini dirancang khusus untuk menganalisis asam amino, blok bangunan struktur dari semua kehidupan di Bumi. Metode ini 10.000 kali lebih sensitif dibandingkan metode yang digunakan oleh pesawat ruang angkasa seperti NASA Mars Curiosity rover, demikian menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Analytical Chemistry. Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari NASA Jet Propulsion Laboratory, Pasadena, California.

Salah satu keuntungan utama dari cara baru ini, Peneliti menggunakan metode elektroforesis kapiler dimana proses ini relatif sederhana dan mudah untuk mengotomatisasi sampel cair di lautan. Elektroforesis kapiler telah ada sejak awal 1980-an, ini adalah pertama kalinya telah disesuaikan secara khusus untuk mendeteksi kehidupan di luar bumi pada dunia laut, kata pemimpin penulis Jessica Creamer, seorang sarjana postdoctoral di JPL.

“Metode kami meningkatkan pada usaha-usaha sebelumnya dengan meningkatkan jumlah asam amino yang dapat dideteksi dalam satu kali proses,” kata Creamer. “Selain itu, memungkinkan kita untuk mendeteksi asam amino pada konsentrasi sangat rendah, bahkan dalam sampel yang sangat asin, dengan sangat sederhana ‘mencampur dan menganalisis’ proses”.

Para peneliti menggunakan teknik ini untuk menganalisis asam amino hadir di perairan yang kaya garam di Danau Mono di California. Dimana konten alkali sangat tinggi di danau tersebut, membuatnya menjadi habitat menantang bagi kehidupan, dan kondisi yang sangat baik untuk perairan asin diyakini ada di Mars, atau di laut dari bulan Saturnus Enceladus dan Europa di bulan Jupiter.

Sumber:NASA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Potret Pengelolaan BUMN: Prinsip GCG vs Managemen “Koncoisme”

Fenomena pengelolaan BUMN dan BUMD yang tidak mengindahkan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip GCG sangat potensial membawa kerugian dan kebangkrutan terhadap perusahaan BUMN dan BUMD yang bersangkutan.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.