NASA : Cara Mudah Mengetahui Adanya Kehidupan di Planet Lain

Sebuah metode kimia sederhana sangat bisa membantu usaha para ilmuwan dalam mencari tanda-tanda kehidupan di planet lain.

Tes menggunakan teknik berbasis cairan yang dikenal sebagai elektroforesis kapiler yang digunakan untuk memisahkan campuran molekul organik menjadi komponen-komponennya. Metode Ini dirancang khusus untuk menganalisis asam amino, blok bangunan struktur dari semua kehidupan di Bumi. Metode ini 10.000 kali lebih sensitif dibandingkan metode yang digunakan oleh pesawat ruang angkasa seperti NASA Mars Curiosity rover, demikian menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Analytical Chemistry. Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari NASA Jet Propulsion Laboratory, Pasadena, California.

Salah satu keuntungan utama dari cara baru ini, Peneliti menggunakan metode elektroforesis kapiler dimana proses ini relatif sederhana dan mudah untuk mengotomatisasi sampel cair di lautan. Elektroforesis kapiler telah ada sejak awal 1980-an, ini adalah pertama kalinya telah disesuaikan secara khusus untuk mendeteksi kehidupan di luar bumi pada dunia laut, kata pemimpin penulis Jessica Creamer, seorang sarjana postdoctoral di JPL.

“Metode kami meningkatkan pada usaha-usaha sebelumnya dengan meningkatkan jumlah asam amino yang dapat dideteksi dalam satu kali proses,” kata Creamer. “Selain itu, memungkinkan kita untuk mendeteksi asam amino pada konsentrasi sangat rendah, bahkan dalam sampel yang sangat asin, dengan sangat sederhana ‘mencampur dan menganalisis’ proses”.

Para peneliti menggunakan teknik ini untuk menganalisis asam amino hadir di perairan yang kaya garam di Danau Mono di California. Dimana konten alkali sangat tinggi di danau tersebut, membuatnya menjadi habitat menantang bagi kehidupan, dan kondisi yang sangat baik untuk perairan asin diyakini ada di Mars, atau di laut dari bulan Saturnus Enceladus dan Europa di bulan Jupiter.

Sumber:NASA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Isu Kuatkan Ekonomi Umat pun Disuarakan oleh TGB Zainul Majdi

Bagi dunia politik, apa beda politisi dengan pemimpin? Orientasi politisi adalah jabatan. Mereka hanya tamu di dunia politik karena datang dan pergi sesuai dengan menang atau kalah dalam pemilihan umum.

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Negeri Bohong

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER