Turki-Indonesia Kerjasama Produksi Tank Kaplan

JAKARTA – Pejabat Kementerian Pertahanan Turki dan Indonesia baru-baru ini mengadakan pembicaraan perjanjian kerjasama, termasuk diantaranya proyek produksi bersama tank tempur kelas medium, Tank Kaplan. Pertemuan ini melanjutkan kerjasama Kementerian Pertahanan Turki–Indonesia yang sudah berjalan selama 6 tahun.

Pada pertemuan yang berlangsung pada 8 September 2017 di Jakarta, di mana Indonesia diwakili Dirjen Potensi PertahananKementerian Pertahanan, Sutrimo Sumarlan dan Turki diwakili oleh Wakil Menteri Pertahanan, Ismail Demir, pembicaraan terfokus pada kelanjutan proyek pengembangan dan produksi tank dan kerjasama pertahanan lainnya.

Sebelumnya pada 6 September 2017, kedua negara melakukan evaluasi atas proyek tank pertama kerjasama Indonesia–Turki, Tank Kaplan MT, yang memiliki platform teknologi yang modern dan kemampuan menembak superior, manajemen taktikal tempur, serta sistem peringatan laser. Tank ini dikerjakan oleh PT Pindad.

Satu purwa rupa yang lain, sedang dikerjakan oleh FNSS Turki, rencananya akan dibawa ke Indonesia pada parade HUT TNI 5 Oktober 2017. Desain yang dibuat FNSS, tank tersebut memiliki artileri meriam kaliber 105mm, 2 senjata tambahan kaliber 7,62mm dan 12,7mm.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.