Ternyata Sel Sel Otak Bisa Memprediksi Usia Anda

Jakarta, Seruji.com — Seiring dengan bertambahnya usia, sel-sel otak kita menunjukkan perubahan, dan sekarang sebuah studi baru menemukan bahwa perubahan tertentu dalam sel-sel otak yang terjadi dipercayai mampu mengungkapkan usia seseorang.

Dalam studi tersebut, peneliti menganalisis sampel jaringan otak dari 480 orang yang meninggal antara usia 16 dan 106. Tak satu pun dari orang-orang ini telah mengalami penyakit otak sebelum kematian mereka.

Para peneliti kemudian memeriksa apakah mereka bisa menemukan perbedaan antara otak yang lebih tua dan yang lebih muda dengan melihat tingkat ekspresi dari gen tertentu mereka, yang berarti gen yang “dihidupkan” dan “dimatikan.”

Mereka menemukan bahwa, dengan usia, jenis tertentu dari sel-sel otak yang disebut sel glial menunjukkan pergeseran pola ekspresi gen mereka di daerah tertentu di otak. Sebaliknya, tidak ada perubahan seperti terlihat pada saraf otak, yang merupakan “sel sinyal” dari otak. sel glial menyediakan dukungan untuk neuron.

Terlebih lagi, ketika para peneliti melihat apakah pola ekspresi gen dalam berbagai jenis sel dapat digunakan untuk memprediksi usia seseorang, mereka menemukan bahwa tingkat ekspresi gen sel glial yang paling kuat terkait dengan usia seseorang.

“Temuan ini memperkuat bukti-bukti yang melibatkan sel glial dalam penuaan,” para peneliti, dari University College London, menulis di 10 Januari Laporan jurnal Cell.

Beberapa perubahan terbesar dalam ekspresi gen-sel glial terlihat dalam hippocampus (yang terlibat dalam memori) dan substansia nigra (yang terlibat dalam gerakan).

Karena dua area otak ini juga terpengaruh pada orang pada tahap awal penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson, studi ini dapat memberikan wawasan ke dalam peran bahwa sel-sel glial mungkin bermain di penyakit yang berkaitan dengan usia ini, kata para peneliti.

“Kami percaya bahwa data kami, dan pendekatan komputasi, menyediakan sumber daya yang kuat untuk studi lebih lanjut tentang perubahan seluler dan molekuler yang terjadi selama penuaan otak manusia, dan memberikan wawasan ke dalam fase selular pra-klinis demensia,” kata para peneliti.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami perubahan seluler yang terlihat dalam penelitian ini, dan bagaimana sel-sel glial dan neuron berinteraksi selama penuaan pada umumnya dan pada orang dengan penyakit yang berhubungan dengan usia, kata mereka.

Sumber : http://www.foxnews.com/health/2017/01/16/how-brain-cells-can-predict-your-age.html

Reporter : Rory Anas

Editor   : luckyjs

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Al Ghazali dan Dendam Anak-Anak Revolusi

Di masa Orde Baru adalah anak-anak yang bapak/ibunya dibunuh atau dipenjarakan Suharto. Di masa ini mereka adalah anak-anak yang bapaknya dipenjarakan Jokowi karena berbeda pandangan politik.

Bagaimana Kalau Prabowo Kalah Lagi?

Terpilih kembali atau tidaknya petahana adalah sebuah hal yang wajar di alam demokrasi. Karena tujuan dari pesta demokrasi, atau yang kita sebut Pilpres ini, adalah untuk mengukur kepuasan dan ketidakpuasan pada petahana.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy