Ternyata Sel Sel Otak Bisa Memprediksi Usia Anda

Jakarta, Seruji.com — Seiring dengan bertambahnya usia, sel-sel otak kita menunjukkan perubahan, dan sekarang sebuah studi baru menemukan bahwa perubahan tertentu dalam sel-sel otak yang terjadi dipercayai mampu mengungkapkan usia seseorang.

Dalam studi tersebut, peneliti menganalisis sampel jaringan otak dari 480 orang yang meninggal antara usia 16 dan 106. Tak satu pun dari orang-orang ini telah mengalami penyakit otak sebelum kematian mereka.

Para peneliti kemudian memeriksa apakah mereka bisa menemukan perbedaan antara otak yang lebih tua dan yang lebih muda dengan melihat tingkat ekspresi dari gen tertentu mereka, yang berarti gen yang “dihidupkan” dan “dimatikan.”

Mereka menemukan bahwa, dengan usia, jenis tertentu dari sel-sel otak yang disebut sel glial menunjukkan pergeseran pola ekspresi gen mereka di daerah tertentu di otak. Sebaliknya, tidak ada perubahan seperti terlihat pada saraf otak, yang merupakan “sel sinyal” dari otak. sel glial menyediakan dukungan untuk neuron.

Terlebih lagi, ketika para peneliti melihat apakah pola ekspresi gen dalam berbagai jenis sel dapat digunakan untuk memprediksi usia seseorang, mereka menemukan bahwa tingkat ekspresi gen sel glial yang paling kuat terkait dengan usia seseorang.

“Temuan ini memperkuat bukti-bukti yang melibatkan sel glial dalam penuaan,” para peneliti, dari University College London, menulis di 10 Januari Laporan jurnal Cell.

Beberapa perubahan terbesar dalam ekspresi gen-sel glial terlihat dalam hippocampus (yang terlibat dalam memori) dan substansia nigra (yang terlibat dalam gerakan).

Karena dua area otak ini juga terpengaruh pada orang pada tahap awal penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson, studi ini dapat memberikan wawasan ke dalam peran bahwa sel-sel glial mungkin bermain di penyakit yang berkaitan dengan usia ini, kata para peneliti.

“Kami percaya bahwa data kami, dan pendekatan komputasi, menyediakan sumber daya yang kuat untuk studi lebih lanjut tentang perubahan seluler dan molekuler yang terjadi selama penuaan otak manusia, dan memberikan wawasan ke dalam fase selular pra-klinis demensia,” kata para peneliti.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami perubahan seluler yang terlihat dalam penelitian ini, dan bagaimana sel-sel glial dan neuron berinteraksi selama penuaan pada umumnya dan pada orang dengan penyakit yang berhubungan dengan usia, kata mereka.

Sumber : http://www.foxnews.com/health/2017/01/16/how-brain-cells-can-predict-your-age.html