Obat Yang Sebaiknya Tersedia di Rumah Untuk Pertolongan Pertama Pada Permasalahan Kesehatan

Pertolongan pertama pada permasalahan kesehatan di rumah sebelum konsultasi dengan dokter seringkali sangat membantu dalam pencegahan keparahan penyakitnya. Maka diperlukan beberapa obat yang sebaiknya tersedia di rumah yang bisa digunakan untuk memberikan pertolongan apabila terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Inilah tiga obat yang sebaiknya tersedia di rumah Anda untuk pertolongan pertama pada permasalahan kesehatan.

Paracetamol

Paracetamol menjadi obat pilihan pertama yang paling aman untuk menurunkan panas, selain itu bisa juga digunakan untuk meredakan pusing, sakit gigi, pegal–pegal, dan nyeri yang lainnya. Demam merupakan gejala dari berbagai macam penyakit. Banyak sekali penyakit yang gejalanya panas atau demam. Paracetamol bisa langsung digunakan apabila ada keluarga yang demam, dan tentunya tetap harus membaca aturan pakainya tentunya.

Paracetamol dalam bentuk tablet bisa disimpan lama sampai batas waktu ED nya. Untuk paracetamol syrup jangan digunakan lagi setelah satu minggu dibuka karena sudah tidak terjamin lagi kalau obat syrup tersebut masih bagus kualitasnya. Namun apabila belum dibuka maka paracetamol syrup masih bisa digunakan sampai tanggal ED yang tertera di etiket obat.

Paracetamol aman digunakan asalkan dosisnya tepat dan tidak ada riwayat alergi pada pemakaian obat tersebut. Namun bila overdosis obat ini sangat berbahaya terutama bagi kesehatan liver. Banyak terjadi kasus anak panas dua jam kemudian karena panas lagi orang tua sering memberikan paracetamol lagi, memang suhu tubuhnya bisa turun namun hal seperti ini bisa mengakibatkan kerja liver dan ginjal terlalu berat bahkan livernya bisa keracunan. Jarak teraman minum obat paracetamol selang 6 jam atau lebih. Apabila belum ada 6 jam anak sudah panas lagi maka bantu dengan kompres air hangat atau air biasa (suhu kamar), bukan air dingin sebab bisa memicu anak menggigil.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Bangsa

Walaupun telah merdeka secara politik sejak tahun 1945, akan tetapi RI masih terus tergantung produk perusahaan-perusahaan asing hingga saat ini. Mulai dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya kita menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk perusahaan asing.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.