Jawa Timur Raih Predikat Pendonor Terbanyak

SURABAYA – Jawa Timur kembali mempertahankan predikat sebagai provinsi dengan pendonor darah terbanyak se-Indonesia. Untuk itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur mengapresiasi kesadaran dan kepedulian masyarakat Jawa Timur untuk membantu kebutuhan stok darah.

Ketua Harian PMI Jawa Timur Soebagyo mengatakan, secara umum aktivitas berdonor darah di Jawa Timur telah menjadi gaya hidup. Meski tidak mudah menciptakan budaya donor darah, namun pihaknya tidak pernah lelah untuk berdiskusi dan mengajak masyarakat.

“Setiap tahun Jawa Timur bersaing dengan DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Alhamdulillah lagi-lagi kita menang. Terima kasih pada seluruh masyarakat Jawa Timur,” tutur Soebagyo, Jumat (24/2).

Dikatakannya, pendonor darah sukarela PMI Provinsi Jawa Timur mengirimkan 331 orang untuk menerima Piagam Penghargaan dan Satya Lancana. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla di Jakarta, 18 Februari lalu. Pendonor terbanyak di Jawa Timur meliputi PMI Kota Surabaya sebanyak 174, Kabupaten Gresik sebanyak 15 orang dan Kota Malang 12 orang, Kabupaten Lumajang 10 orang.

Hadiah lainnya diberikan pada 20 pendonor yang mendapatkan kesempatan umrah. Mereka adalah  10 pendonor  PMI Jawa Timur, 4 pendonor Jawa Barat,3 pendonor DKI Jakarta, 1 pendonor Sumatra Barat, 1 pendonor NTB, dan 1 pendonor Jawa Tengah.

Kepala Humas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya Agung, Tri Jutanto menyatakan, kesadaran masyarakat di Jawa Timur khususnya di Surabaya untuk mendonorkan darah meningkat. Hal tersebut seiring dengan semakin pahamnya masyarakat mengenai manfaat donor darah bagi kesehatan.

“Umumnya setiap tahun selalu terjadi peningkatan. Meski meningkat kita tidak pernah lelah melakukan sosialisasi pada masyarakat akan pentingnya donor darah,” jelas Agung.

Manfaat donor darah bagi kesehatan, kata Agung, yakni dapat mengurangi risiko hemochromatosis atau gangguan genetik yang menyebabkan tubuh menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Donor darah yang dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, selain itu juga dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

EDITOR: Rizky

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bisa Terima Capres Yang “Ikut” Perayaan Natal, Kenapa Keberatan Jika Hadiah Lomba dari Denny JA?

Karena sifat lomba ini yang sedemikian terbuka, tentu pihak-pihak yang mendukung wacana "NKRI Bersyariah" ini dapat juga menulis pemikirannya dan ikut serta dalam lomba ini. Apalagi jelas-jelas topik yang dilombakan ini adalah MENGUPAS esai yang ditulis Denny JA. Apakah mengupas dalam koteks setuju dengan tesis Denny JA, maupun tidak bersepakat dengannya.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER