Inilah Sebabnya Olahraga Menjadikan Anda Awet Muda

0
185

Oleh: dr. Irsyal Rusad, Sp PD

SERUJI.CO.ID – Saya pernah beberapa bulan tinggal di sebuah apartement di Halifax, Nova Scotia, Canada. Di sana saya lihat setiap pagi seorang ibu sudah duduk di kursi di belakang meja kantornya. Ada saja kegiatannya saya perhatikan, mulai dari menerima telepon, membaca surat-masuk, mempelajari dokumen perjanjian, sampai menerima tamu. Setiap hari juga kelihatan dia naik ke lantai atas, kadang-kadang dia nampak menggunakan lift, dan sering juga menggunakan tangga, mengontrol dan melayani keluhan penghuni yang tinggal di apatemen itu. Sore hari, didampingi anjing kesayangannya, sering juga saya lihat nenek ini jalan-jalan di sekitar taman yang tidak jauh dari apartemen.

Lalu, karena penasaran dengan ibu ini yang perawakannya agak kecil dibandingkan wanita kulit putih lainnya, kepada anak saya yang sudah lama mengenainya, saya tanyakan, “Berapa usianya?” “Oohh, sudah tua sekali, lebih dari 85 tahun,” jawab anak saya. Melihat aktivitasnya, cara dia berjalan, masih sanggup naik tangga beberapa lantai, postur tubuhnya, dan raut mukanya, perkiraan saya usianya mungkin sekitar 65 tahun.

Rambutnya memang sudah putih semuanya, tapi fisiknya tidak sama dengan rambutnya yang sudah semua beruban itu. Mengetahui bahwa usianya sudah lebih dari 85 tahun, saya berbisik dalam hati, “Inilah nenek-nenek yang berusia 85 tahun, tapi tanda-tanda usia muda ada dalam dirinya.”

Kemudian, yang membuat penasaran saya adalah mengapa beliau bisa seperti itu. Untuk menjawabnya, saya tidak harus menanyakan langsung kepada dia, apa rahasianya. Dari aktivitas dia sehari-hari yang saya yang lihat saja, saya sudah tahu jawabannya, salah satunya adalah aktif bergerak atau olahraga. Nah, seperti ibu itu, apa sebabnya olahraga dapat membuat seseorang lebih muda dari usia kronologisnya? Inilah jawabannya:

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama