Ingin Ramping? Gantilah Piring Anda

SERUJI.CO.ID – Piring yang ada di atas meja makan anda jangan dianggap kecil. Tidak hanya masalah bersih kotornya saja yang dlihat, ukuran, besar-kecilnya, bahkan warnanya juga sebaiknya anda perhatikan.

Piring itu ternyata tidak hanya berfungsi sebagai wadah makanan anda saja, tetapi juga akan mempengaruhi berapa banyak makanan yang akan anda konsumsi, dan tentu saja berapa besar lingkaran perut anda, anda akan jadi gemuk atau langsing.

Ada penelitian yang mendapatkan hal seperti itu. Semakin besar ukuran piring kita, maka ada kecendrungan kita akan makan lebih banyak pula. Apakah ada hubungan ukuran piring makan kita sekarang yang relatif besar dibandingkan dengan orang tua kita dulu dengan semakin banyaknya mereka yang gemuk, obes sekarang ini? Saya tidak tahu dengan pasti, tapi mungkin saja ada, yang jelas orang tua kita lebih langsing-langsing dari generasi kita sekarang.

Pengaruh ukuran piring itu saya rasakan sendiri waktu saya mengikuti traveling 1 minggu lebih dengan kapal pesiar dari Seattle, USA ke beberapa kota di Alaska, yang berakhir di kota Victoria British Columbia, Canada. Dan, dari Vancouver kemudian melanjutkan perjalanan dengan durasi yang sama melalui darat di sepanjang Rocky Mountain, Canada.


Selama perjalanan dua minggu itu, berat badan saya naik 2 kg, celana saya juga terasa lebih sempit, pada foto pun kelihatan perut saya lebih besar dari biasanya. Teman saya dalam perjalanan juga melihat hal yag sama. Dan, ternyata tidak hanya saya yang mengalaminya, teman-teman lain juga begitu.

Lalu, mengalami berat badan yang bertambah cukup berarti ini, saya sendiri heran, “kok bisa begini ya?” Pada hal, selama perjalanan, saya masih aktif olahraga, apalagi waktu di atas kapal pesiar. Setiap hari beberapa fasilitas olahraga yag sangat lengkap di sana saya gunakan paling tidak 30-40 menit. Sesekali saya juga berenang, dan tiap pagi, walau cuaca dingin, selagi penumpang lain masih tidur nyenyak, sambil menikmati pemandangan laut yang sangat cantik, saya sudah jogging di atas deck kapal paling atas yang memang sudah ada jalur khusus untuk itu. Selama perjalanan di darat juga demikian, paling tidak saya juga jalan cepat di sekitar hotel.


Bagi pembaca SERUJI yang ingin konsultasi ke “Dokter SERUJI Menjawab” silahkan menuju ke sini.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Berkebun di Halaman Rumah-pun Dapat Membuat Anda Lebih Sehat

Tidak satu jalan ke Roma, begitu juga dengan kesehatan kita. Banyak jalan yang bisa ditempuh menuju sehat yang kita inginkan. Tapi, yang jelas, tidak ada jalan tol, jalan pintas agar kita tetap sehat, semua dimulai dengan hal-hal Kecil.

TERPOPULER

Diabetes Mellitus: Apa Kaki Ibu Harus Diamputasi Dokter?

Diabetes Mellitus adalah penyebab utama kedua tindakan amputasi setelah kecelakaan.

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.