SCROLL KE ATAS UNTUK BACA BERITA

MENU

Berkebun di Halaman Rumah-pun Dapat Membuat Anda Lebih Sehat

Karena sudah ada pengalaman dengan sistem Wick, kemudian saya mencoba beralih ke sistem NFT. Pada dasarnya sama saja, bedanya, kalau pada sistem Wick, nutrisi dan air dalam nampan tidak dialirkan, sedang kan pada NFT dialirkan dengan mesin sepanjang pipa paralon yang sudah dipasang net pot.

Jenis sayur yang pertama saya semai untuk sistem NFT ini adalah bayam merah dan sawi. Hasilnya cukup bagus, untuk 40 lobang net pot, cukuplah untuk bahan sayur empat sampai lima kali makan. Dan, yang penting bagi saya adalah kepuasan tersendiri yang saya rasakan mulai dari proses penyemaian, penanaman, melihat perkembangannya dari ke hari sampai masa panen. Dan, bagi saya semua bahkan bisa lebih baik dari obat yang saya minum.

Kemudian, setelah berhasil menanam bayam merah dan sawi, saya coba menyemai red leaf lettuce atau kayla red salad. Alhamdulillah, hasilnya bagus sekali, pertumbuhannya juga sama. Selada dengan warna hijau dan coklat kemerahan ini sudah bisa saya panen.

Tapi, karena penampilannya kelihatan bagus, saya biarkan dulu. Dan, setiap pagi saya ambil lima sampai tujuh helai daun, dibuat jus dengan sedikit ditambahkan air lemon dan madu…, hmmm, enak dan seger.

Selada jenis ini kandungan nutrisinya seperti vitamin, mineral, fiber, termasuk anti oksidannya yang tinggi. Dari kebiasaan minum jus sayur ini saja, sayur yang seger, tanpa pestisida, diolah sendiri manfaat kesehatannya sudah tidak diragukan lagi.

Disamping itu, berkebun sudah lama digunakan sebagai salah satu terapi okupasi pasien gangguan jiwa dan stress. Ingat dulu waktu masih jadi dokter muda (Coass) di FK UGM, di rumah sakit jiwa lali jiwo, Pakem, ada lahan khusus untuk bercocok tanam bagi pasien jiwa yang dirawat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

spot_img

TERPOPULER