Saudi Lakukan Perombakan Besar di Militer dan Wakil Menteri

DUBAI, SERUJI.CO.ID – Raja Salman Arab Saudi merombak beberapa perwira tinggi militer kerajaan dan beberapa wakil menteri pada Senin (26/2) dalam perombakan besar, termasuk mengangkat pejabat muda di bidang utama ekonomi serta keamanan.

Kepala staf yang telah pensiun digantikan oleh Letnan Jenderal Fayyad bin Hamed al-Ruwayli, sementara kepala-kepala baru dilantik untuk angkatan udara dan angkatan darat negara tersebut, menurut keputusan kerajaan yang diterbitkan oleh media pemerintah.

Beberapa wakil baru di kementerian terkait ekonomi dan keamanan serta beberapa wali kota baru dilantik, termasuk Tamadur binti Youssef al-Ramah sebagai wakil menteri tenaga kerja, sebuah jabatan senior yang langka untuk seorang wanita di kerajaan yang sangat konservatif tersebut.

Keputusan tersebut juga termasuk pengangkatan tiga wakil gubernur dari kalangan keturunan Pangeran Ahmed, Talal dan Muqrin, yang merupakan saudara Raja Salman, beberapa di antaranya mungkin merasa terpinggirkan oleh perubahan baru-baru ini sejak Raja Salman meneruskan tahta pada 2015.

Salah satu dari mereka, wakil gubernur baru Provinsi Asir, Pangeran Turki bin Talal, adalah saudara dari miliarder Pangeran Alwaleed bin Talal, yang ditahan dalam kampanye anti-korupsi pemerintah dan baru dibebaskan bulan lalu.

Cara yang ditempuh Arab Saudi telah menampakkan perubahan besar di bawah kendali Putra Mahkota berusia 32 tahun, Mohammed bin Salman, yang meroket ke kekuasaan tertinggi dari hampir dirinya tidak dikenali, setelah ayahnya menjadi raja menyusul kematian Raja Abdullah pada 2015 dan mendorong ekonomi besar dan reformasi sosial.

Dia populer dikalangan banyak pemuda Saudi, yang merupakan mayoritas penduduk, namun telah membuat beberapa orang kesal dengan pendekatannya yang tidak konvensional, termasuk kudeta istana pada musim panas lalu, di mana dia mendorong sepupunya untuk menjadi pewaris tahta.

Pengamat Saudi Ahmed al-Towayan, yang berbicara di televisi pemerintah Saudi, mengatakan bahwa pelantikan baru tersebut “memompa darah muda” ke pemerintah daerah sambil mengangkat komandan muda ke dalam posisi militer teratas. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER