Palestina Desak Dunia Islam Untuk Selamatkan Masjid Al-Aqsa

0
241
israel, al-aqsa, palestina
Polisi Israel Menutup Akses Masuk Masjid Al-Aqsa (Foto: Mi’raj Islamic News Agency)

GAZA – Kementerian Urusan Luar Negeri Palestina mendesak masyarakat internasional dan Dunia Arab serta Islam untuk secepatnya memikul tanggung-jawab guna menyelamatkan Masjid Al-Aqsha, demikian laporan media lokal pada Ahad (16/7).

Di dalam satu pernyataan, kementerian tersebut mengutuk tindakan Israel atas Masjid Suci tersebut.

Israel menutup Masjid Al-Aqsha dan melarang orang Shalat Jumat, setelah serangan di dekatnya sehingga menewaskan tiga orang Palestina dan dua polisi Yahudi.

Pemerintah Israel, yang dipimpin oleh Benjamin Netanyahu, memikul tanggung-jawab penuh dan langsung atas perbuatan agresifnya, tindakan tidak sah dan pelanggaran nyata atas status Masjid Al-Aqsha sejak 1967, kata Kementerian itu, sebagaimana diberitakan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad (16/7) malam.

Ditambahkannya, reaksi masyarakat internasional belum hidup sampai ke tingkat yang diperlukan dan tidak cukup untuk menekan penguasa pendudukan agar segera menghentikan agresi yang mereka lakukan.

Dalam kejadian lain, Israel di bawah kehadiran banyak polisi membuka kembali lokasi suci di Jerusalem pada Ahad, setelah melakukan tindakan yang tidak biasa, yaitu menutupnya setelah penembakan mematikan, kata polisi.

Wanita Juru Bicara Polisi Luba Samri mengatakan, “Sebanyak 200 orang Muslim yang mau beribadah memasuki tempat tersebut selama 30 menit pertama dan orang terus masuk.” Anggota Waqaf, penjaga tempat suci itu, menolak pemeriksaan baru keamanan di tempat tersebut, kata Samri.

Pada Sabtu, Israel mengumumkan kompleks itu akan dibuka lagi setelah polisi memperkuat langkah pengamanan di sana, termasuk pemasangan alat baru pendeteksi logam dan CCTV –yang dipasang di pojok dan mencakup seluruh kompleks tersebut.

Samri mengatakan sebagai langkah pertama, hanya warga Jerusalem, termasuk Jerusalem Timur, akan diizinkan masuk. Ia menyatakan pintu masuk saat ini diperkenankan hanya melalui Pintu Gerbang Domba –tempat alat pendeteksi logam sudah dipasang. Gerbang lain diperkirakan akan dibuka, ia menambahkan.

Pada Jumat pagi, tiga warga Arab Palestina di Israel melepaskan tembakan di dekat gerbang kompleks tersebut, dan menewaskan dua polisi Yahudi. Pria bersenjata itu selanjutnya ditembak dan tewas oleh polisi.

Kompleks Masjid Al-Aqsha, yang suci buat Umat Muslim dan Yahudi, adalah satu lokasi paling sensitif di wilayah tersebut. Tempat panas itu adalah tempat suci buat umat Muslim –yang menyebutnya Al-Haram Asy-Syarif– dan umat Yahudi, yang menyebutnya Bukit Kenisah.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polisi Temukan Dua Kardus Miras di Pelabuhan Tahuna

MANADO, SERUJI.CO.ID - Polisi menemukan dua dus sekitar 46 botol minuman keras (miras) beralkohol jenis captikus pada sebuah kapal yang berlabuh di Pelabuhan Tahuna,...

Pakde Karwo Pastikan Sanksi ASN Yang Berfoto Tunjukkan Dukungan ke Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jatim Soekarwo memastikan telah memberi sanksi terhadap ASN (Aparatur Sipil Negara) yang tidak netralan di Pilgub Jatim 2018, dengan berfoto...
Korban Miras Oplosan

Korban Miras Oplosan di RSUD Dr Soetomo Kian Bertambah

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Korban akibat menenggak minuman keras kian bertambah di Surabaya. Hingga kini terhitung sudah puluhan korban miras merasakan pesakitan di Rumah Sakit,...

Menangkan Pemilu 2019, Gerindra Bentuk Laskar Merah Putih

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra Jatim tampaknya tak setengah-setengah dalam mengejar target Pemilu 2019 mendatang. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut menargetkan sebanyak-banyaknya perolehan pemilu...

IFC: Indonesia Diharapkan Jadi Mode Busana Muslim Dunia

BOGOR, SERUJI.CO.ID - National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma mengatakan pertemuan dengan Presiden Jokowi menawarkan program konkrit membawa dunia ke Indonesia untuk...