Mikul Dhuwur Mendhem Jero

Palestina Desak Dunia Islam Untuk Selamatkan Masjid Al-Aqsa

0
177
israel, al-aqsa, palestina
Polisi Israel Menutup Akses Masuk Masjid Al-Aqsa (Foto: Mi’raj Islamic News Agency)

GAZA – Kementerian Urusan Luar Negeri Palestina mendesak masyarakat internasional dan Dunia Arab serta Islam untuk secepatnya memikul tanggung-jawab guna menyelamatkan Masjid Al-Aqsha, demikian laporan media lokal pada Ahad (16/7).

Di dalam satu pernyataan, kementerian tersebut mengutuk tindakan Israel atas Masjid Suci tersebut.

Israel menutup Masjid Al-Aqsha dan melarang orang Shalat Jumat, setelah serangan di dekatnya sehingga menewaskan tiga orang Palestina dan dua polisi Yahudi.

Pemerintah Israel, yang dipimpin oleh Benjamin Netanyahu, memikul tanggung-jawab penuh dan langsung atas perbuatan agresifnya, tindakan tidak sah dan pelanggaran nyata atas status Masjid Al-Aqsha sejak 1967, kata Kementerian itu, sebagaimana diberitakan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad (16/7) malam.

Ditambahkannya, reaksi masyarakat internasional belum hidup sampai ke tingkat yang diperlukan dan tidak cukup untuk menekan penguasa pendudukan agar segera menghentikan agresi yang mereka lakukan.

Dalam kejadian lain, Israel di bawah kehadiran banyak polisi membuka kembali lokasi suci di Jerusalem pada Ahad, setelah melakukan tindakan yang tidak biasa, yaitu menutupnya setelah penembakan mematikan, kata polisi.

Wanita Juru Bicara Polisi Luba Samri mengatakan, “Sebanyak 200 orang Muslim yang mau beribadah memasuki tempat tersebut selama 30 menit pertama dan orang terus masuk.” Anggota Waqaf, penjaga tempat suci itu, menolak pemeriksaan baru keamanan di tempat tersebut, kata Samri.

Pada Sabtu, Israel mengumumkan kompleks itu akan dibuka lagi setelah polisi memperkuat langkah pengamanan di sana, termasuk pemasangan alat baru pendeteksi logam dan CCTV –yang dipasang di pojok dan mencakup seluruh kompleks tersebut.

Samri mengatakan sebagai langkah pertama, hanya warga Jerusalem, termasuk Jerusalem Timur, akan diizinkan masuk. Ia menyatakan pintu masuk saat ini diperkenankan hanya melalui Pintu Gerbang Domba –tempat alat pendeteksi logam sudah dipasang. Gerbang lain diperkirakan akan dibuka, ia menambahkan.

Pada Jumat pagi, tiga warga Arab Palestina di Israel melepaskan tembakan di dekat gerbang kompleks tersebut, dan menewaskan dua polisi Yahudi. Pria bersenjata itu selanjutnya ditembak dan tewas oleh polisi.

Kompleks Masjid Al-Aqsha, yang suci buat Umat Muslim dan Yahudi, adalah satu lokasi paling sensitif di wilayah tersebut. Tempat panas itu adalah tempat suci buat umat Muslim –yang menyebutnya Al-Haram Asy-Syarif– dan umat Yahudi, yang menyebutnya Bukit Kenisah.

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

PBB Serukan Dukungan Lebih Banyak Buat Pengungsi Rohingya dari Myanmar

JENEWA, SERUJI.CO.ID - Badan pengungsi PBB pada Senin (25/9) menyerukan peningkatan dukungan buat sebanyak 436.000 pengungsi Rohingya yang menyelamatkan diri dari Myanmar ke Bangladesh...
#savepartaigolkar

DPP Terindikasi Lakukan Politik Transaksional, Kader Golkar Jabar Kumpulkan Koin

PURWAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ribuan kader Golongan Karya se-Jawa Barat melakukan aksi pengumpulan koin sebagai bentuk sindiran terhadap DPP Partai Golkar yang terindikasi melakukan politik...

Politisi PKS: Soliditas PKS-Gerindra Harus Dijaga

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Haris Yuliana menyatakan soliditas antara PKS dengan Gerindra harus dijaga dengan baik untuk bersama-sama membangun politik...

Pemerintah Sebut Investasi Dana Haji Tingkatkan Nilai Manfaat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Nizar Ali menyampaikan dana haji berpotensi meningkat nilai manfaatnya bila diinvestasikan. "Peningkatan nilai manfaat...
miras

Bupati Kaget Ada 1.379 Lokasi Pedagang Miras di Wilayahnya

GORONTALO, SERUJI.CO.ID - Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin kaget dengan menyebarnya pedagang minuman keras/beralkohol hingga tercatat sebanyak 1.379 lokasi di wilayahnya. Oleh karenanya, ia...
bps

Peringati Hari Statistik Nasional, BPS Serukan Pembangunan Berlandaskan Data

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Secara nasional, tanggal 26 September diperingati sebagai Hari Statistik Nasional (HSN). Dalam peringatan HSN 2017 tersebut, Badan Pusat Statistik (BPS)...