Hamas-Fatah Rujuk Menuju Satu Pemerintahan, Presiden Palestina Puas

RAMALLAH – Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Ahad (18/9) mengatakan ia puas dengan keputusan HAMAS yang melakukan tindakan praktis ke arah terwujudnya perujukan internal.

Abbas, yang tiba di New York untuk menghadiri pertemuan tahunan PBB Sidang Majelis Umum, mengatakan di dalam satu pernyataan resmi bahwa ia puas dengan pernyataan Gerakan Perlawanan Islam (HAMAS) di Kairo, Mesir, bagi perujukan.

Pada Ahad pagi, para pemimpin HAMAS –yang telah mengadakan pembicaraan dengan pejabat senior keamanan intelijen Mesir, mengatakan di dalam pernyataan resmi bahwa mereka siap untuk melakukan perujukan dengan Partai Fatah, pimpinan Abbas.

HAMAS sebelumnya mengumumkan bahwa kelompok tersebut telah membubarkan komite administratif untuk menangani urusan sehari-hari di Jalur Gaza. Pembentukan komite itu telah membuat marah Abbas, yang berkeras bahwa komite tersebut mesti dibubarkan guna melanjutkan dialog dengan HAMAS.

HAMAS, yang telah menguasai Jalur Gaza sejak merebut kekuasaan di jalur itu pada 2007, telah menyampaikan kesediaan untuk menerima pemerintah konsensus Palestina di Jalur Gaza dan mengizinkannya bekerja secara layak.

Para pemimpin komite administratif yang dioperasikan HAMAS di Jalur Gaza juga mengatakan mereka siap untuk sepenuhnya bekerjasama dengan pemerintah konsensus dan menyerahkan urusan Jalur Gaza.

Juru Bicara Pemerintah Konsensus di Ramallah, Tepi Barat Sungai Jordan, Yousef Al-Mahmoud mengatakan pemerintah sepenuhnya siap untuk pergi ke Jalur Gaza secepatnya dan mengambil-alih daerah kantung pantai tersebut.

Menurut pernyataan resmi Abbas, ia mengatakan ia akan mengadakan pertemuan dengan pimpinan Palestina di Ramallah segera setelah ia pulang dari Amerika Serikat.

HAMAS menyampaikan kesediaan untuk ikut dalam pemilihan umum setelah pembentukan pemerintah persatuan, melalui koordinasi dengan semua lembaga politik dan faksi lain Palestina. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Lompatan Kinerja Helmy Yahya

Yang harus dikelola Helmy bukan hanya peralatan yang jadul, namun juga anggaran yang sangat minim. Dengan jumlah karyawan terbatas, TVRI masih harus mengelola pemancar yang berlokasi di seluruh Nusantara, bahkan di pelosok negeri yang tidak marketable seperti di Pulau Miangas atau Rote.

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER