Hamas-Fatah Rujuk Menuju Satu Pemerintahan, Presiden Palestina Puas

0
88
palestina
Presiden Palestina Mahmoud Abbas

RAMALLAH – Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Ahad (18/9) mengatakan ia puas dengan keputusan HAMAS yang melakukan tindakan praktis ke arah terwujudnya perujukan internal.

Abbas, yang tiba di New York untuk menghadiri pertemuan tahunan PBB Sidang Majelis Umum, mengatakan di dalam satu pernyataan resmi bahwa ia puas dengan pernyataan Gerakan Perlawanan Islam (HAMAS) di Kairo, Mesir, bagi perujukan.

Pada Ahad pagi, para pemimpin HAMAS –yang telah mengadakan pembicaraan dengan pejabat senior keamanan intelijen Mesir, mengatakan di dalam pernyataan resmi bahwa mereka siap untuk melakukan perujukan dengan Partai Fatah, pimpinan Abbas.

HAMAS sebelumnya mengumumkan bahwa kelompok tersebut telah membubarkan komite administratif untuk menangani urusan sehari-hari di Jalur Gaza. Pembentukan komite itu telah membuat marah Abbas, yang berkeras bahwa komite tersebut mesti dibubarkan guna melanjutkan dialog dengan HAMAS.

HAMAS, yang telah menguasai Jalur Gaza sejak merebut kekuasaan di jalur itu pada 2007, telah menyampaikan kesediaan untuk menerima pemerintah konsensus Palestina di Jalur Gaza dan mengizinkannya bekerja secara layak.

Para pemimpin komite administratif yang dioperasikan HAMAS di Jalur Gaza juga mengatakan mereka siap untuk sepenuhnya bekerjasama dengan pemerintah konsensus dan menyerahkan urusan Jalur Gaza.

Juru Bicara Pemerintah Konsensus di Ramallah, Tepi Barat Sungai Jordan, Yousef Al-Mahmoud mengatakan pemerintah sepenuhnya siap untuk pergi ke Jalur Gaza secepatnya dan mengambil-alih daerah kantung pantai tersebut.

Menurut pernyataan resmi Abbas, ia mengatakan ia akan mengadakan pertemuan dengan pimpinan Palestina di Ramallah segera setelah ia pulang dari Amerika Serikat.

HAMAS menyampaikan kesediaan untuk ikut dalam pemilihan umum setelah pembentukan pemerintah persatuan, melalui koordinasi dengan semua lembaga politik dan faksi lain Palestina. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

PKPU Human Initiative Respon Gempa Banjarnegara

BANJARNEGARA, SERUJI.CO.ID - Gempa berkekuatan hampir mencapai 4,4 SR yang mengguncang wilayah Pekalongan dan Banjarnegara pada Rabu (18/4) lalu, telah berdampak cukup serius terhadap warga...

Vonis 15 Tahun Penjara Setnov, Ini Tanggapak JK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi vonis terhadap mantan ketua DPR yang juga politikus Partai Golkar Setya Novanto terkait kasus korupsi proyek...
Jembatan Ujung Galuh

Sebelum Diserahkan ke Pemkot Surabaya, Jembatan Ujung Galuh Diuji Kekuatan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Jembatan Ujung Galuh, yang menghubugkan Jalan Ngangel dengan Jalan Darmokali, Surabaya menjalani uji coba kelayakan kekuatan beban dengan menggunakan sejumlah truk...

Terkait Pilpres 2019, Ini Keputusan JK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan dirinya ingin istirahat dari pencalonan presiden maupun wakil presiden pada Pilpres 2019. "Seperti yang sering saya katakan,...

Satgas Temukan Ladang Ganja di Perbatasan Indonesia-Papua Nugini

JAYAPURA, SERUJI.CO.ID - Satuan Tugas Yonif 121/Macan Kumbang menemukan ladang ganja seluas setengah hektare di Kampung Kalilapar, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, perbatasan RI-Papua Nugini. "Penemuan...