Erdogan Bela Qatar, Mendorong Penyelesaian Melalui Dialog

ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membela Qatar setelah beberapa negara Arab memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Secara pribadi dia akan melakukan intervensi jika tudingan bahwa Qatar mendukung “terorisme” adalah benar.

“Mengatakan Qatar sebagai pendukung terrorisme adalah tuduhan serius. Saya tahu (pemimpin Qatar) dengan baik dan jika memang begitu, saya akan menjadi kepala negara pertama yang menghadapi mereka,” kata Erdogan, seperti dilansir dari Al Jazeera, Selasa (6/6).

Menurut Erdogan, tak ada negara yang akan mendapatkan keuntungan dari kebijakan mengisolasi negara kaya minyak tersebut. Keputusan itu menurutnya, berpotensi memecah belah persaudaraan negara-negara Arab.

“Kita tidak menganggap sanksi terhadap Qatar itu baik,” kata Erdogan dalam sebuah pidato di Ankara.

Erdogan mengatakan bahwa dia berniat untuk mengembangkan hubungan diplomatik dengan negara Teluk yang sedang terkena sanksi dari Arab Saudi dan sekutunya.

“Turki akan melanjutkan dan mengembangkan hubungan diplomatik dengan Qatar, seperti juga dengan semua teman kita yang telah mendukung kita pada saat-saat tersulit,” tambahnya sehubungan dengan percobaan kudeta terhadap dirinya yang berhasil digagalkan tahun lalu.

Turki memiliki hubungan dekat dengan Qatar namun juga memiliki hubungan baik dengan negara-negara Teluk lainnya, terutama Arab Saudi.

Lebih lanjut, Erdogan meminta negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) untuk menyelesaikan perselisihan mereka melalui dialog.

“Turki akan terus berupaya mengakhiri perselisihan tersebut. Dan berharap penyelesaian konflik tersebut dapat dilakukan dengan berdialog,” ujarnya.

Erdogan mengatakan bahwa saat ini yang dibutuhkan adalah solidaritas dan kerjasama lebih erat lagi demi meningkatkan pertumbuhan

“Jadi, upaya untuk mengisolasi Qatar tidak akan menyelesaikan masalah apapun,” kata Erdogan.

Sebelumnya diberitakan, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Bahrain memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada Senin (5/6). Mereka juga menutup semua perbatasan daratnya dan melarang pesawat Qatar melewati zona udara mereka. Mereka menuding Qatar mendukung terorisme, mengintervensi urusan internal negara-negara Arab dan mengancam keamanan nasional serta melindungi teroris. (M.Gauzal/IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Blunder

Isu Kuatkan Ekonomi Umat pun Disuarakan oleh TGB Zainul Majdi

Bagi dunia politik, apa beda politisi dengan pemimpin? Orientasi politisi adalah jabatan. Mereka hanya tamu di dunia politik karena datang dan pergi sesuai dengan menang atau kalah dalam pemilihan umum.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER