Erdogan Bela Qatar, Mendorong Penyelesaian Melalui Dialog

ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membela Qatar setelah beberapa negara Arab memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Secara pribadi dia akan melakukan intervensi jika tudingan bahwa Qatar mendukung “terorisme” adalah benar.

“Mengatakan Qatar sebagai pendukung terrorisme adalah tuduhan serius. Saya tahu (pemimpin Qatar) dengan baik dan jika memang begitu, saya akan menjadi kepala negara pertama yang menghadapi mereka,” kata Erdogan, seperti dilansir dari Al Jazeera, Selasa (6/6).

Menurut Erdogan, tak ada negara yang akan mendapatkan keuntungan dari kebijakan mengisolasi negara kaya minyak tersebut. Keputusan itu menurutnya, berpotensi memecah belah persaudaraan negara-negara Arab.

“Kita tidak menganggap sanksi terhadap Qatar itu baik,” kata Erdogan dalam sebuah pidato di Ankara.

Erdogan mengatakan bahwa dia berniat untuk mengembangkan hubungan diplomatik dengan negara Teluk yang sedang terkena sanksi dari Arab Saudi dan sekutunya.

“Turki akan melanjutkan dan mengembangkan hubungan diplomatik dengan Qatar, seperti juga dengan semua teman kita yang telah mendukung kita pada saat-saat tersulit,” tambahnya sehubungan dengan percobaan kudeta terhadap dirinya yang berhasil digagalkan tahun lalu.

Turki memiliki hubungan dekat dengan Qatar namun juga memiliki hubungan baik dengan negara-negara Teluk lainnya, terutama Arab Saudi.

Lebih lanjut, Erdogan meminta negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) untuk menyelesaikan perselisihan mereka melalui dialog.

“Turki akan terus berupaya mengakhiri perselisihan tersebut. Dan berharap penyelesaian konflik tersebut dapat dilakukan dengan berdialog,” ujarnya.

Erdogan mengatakan bahwa saat ini yang dibutuhkan adalah solidaritas dan kerjasama lebih erat lagi demi meningkatkan pertumbuhan

“Jadi, upaya untuk mengisolasi Qatar tidak akan menyelesaikan masalah apapun,” kata Erdogan.

Sebelumnya diberitakan, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Bahrain memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada Senin (5/6). Mereka juga menutup semua perbatasan daratnya dan melarang pesawat Qatar melewati zona udara mereka. Mereka menuding Qatar mendukung terorisme, mengintervensi urusan internal negara-negara Arab dan mengancam keamanan nasional serta melindungi teroris. (M.Gauzal/IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.