Plagiarisme dalam Pidato Presiden Ghana yang Baru

Accra, Seruji.com — Ahad (8/1), pihak kepresidenan Ghana menyampaikan permintaan maaf setelah presiden Ghana yang baru, Nana Akufo-Addo, dengan jelas telah menggunakan ujaran Bill Clinton dan George W. Bush dalam pidato inaugurasinya di hadapan rakyat Ghana pada Sabtu (7/1).

Para pengguna media sosial Twitter mulai mempertunjukkan kesamaan antara pidato Nana dan kedua mantan presiden Amerika Serikat tersebut.

Though our challenges are fearsome, so are our strengths. Ghanaians have been a restless, questing, hopeful people. And we must bring to our task today the vision and will of those who came before us,” ucap Nana.

Itu serupa dengan pidato inaugurasi Bill pada 1993, “Though our challenges are fearsome, so are our strengths. And Americans have ever been a restless, questing, hopeful people. We must bring to our task today the vision and will of those who come before us.”

Selain itu, Nana berujar, “I ask you to be citizens: citizens, not spectators; citizens, not subjects; responsible citizens building your communities and our nation.”

I ask you to be citizens: citizens, not spectators; citizens, not subjects; responsible citizens building communities of service and a nation of character,” seru George saat berpidato dalam inaugurasinya pada 2001.

Seperti yang dikutip oleh kantor berita DPA, Direktur Komunikasi Kepresidenan Ghana, Eugene Arhin, mengakui plagiarisme dalam pidato Nana itu dan menyatakan permintaan maaf.

“Secara terus terang, saya memohon maaf karena tidak mencantumkan narasumber dalam kutipan tersebut. Hal itu sungguh suatu kekhilafan, dan tidak pernah disengaja.”

Nana Akufo-Addo (72) merupakan seorang mantan penasihat hukum hak asasi manusia. Ia berhasil mengungguli incumbent, John Dramani Mahama, dalam pemilihan presiden pada bulan lalu. (ais)

Sumber: Aljazeera dan kantor-kantor berita

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.