Plagiarisme dalam Pidato Presiden Ghana yang Baru

0

Accra, Seruji.com — Ahad (8/1), pihak kepresidenan Ghana menyampaikan permintaan maaf setelah presiden Ghana yang baru, Nana Akufo-Addo, dengan jelas telah menggunakan ujaran Bill Clinton dan George W. Bush dalam pidato inaugurasinya di hadapan rakyat Ghana pada Sabtu (7/1).

Para pengguna media sosial Twitter mulai mempertunjukkan kesamaan antara pidato Nana dan kedua mantan presiden Amerika Serikat tersebut.

Though our challenges are fearsome, so are our strengths. Ghanaians have been a restless, questing, hopeful people. And we must bring to our task today the vision and will of those who came before us,” ucap Nana.

Itu serupa dengan pidato inaugurasi Bill pada 1993, “Though our challenges are fearsome, so are our strengths. And Americans have ever been a restless, questing, hopeful people. We must bring to our task today the vision and will of those who come before us.”

Selain itu, Nana berujar, “I ask you to be citizens: citizens, not spectators; citizens, not subjects; responsible citizens building your communities and our nation.”

I ask you to be citizens: citizens, not spectators; citizens, not subjects; responsible citizens building communities of service and a nation of character,” seru George saat berpidato dalam inaugurasinya pada 2001.

Seperti yang dikutip oleh kantor berita DPA, Direktur Komunikasi Kepresidenan Ghana, Eugene Arhin, mengakui plagiarisme dalam pidato Nana itu dan menyatakan permintaan maaf.

“Secara terus terang, saya memohon maaf karena tidak mencantumkan narasumber dalam kutipan tersebut. Hal itu sungguh suatu kekhilafan, dan tidak pernah disengaja.”

Nana Akufo-Addo (72) merupakan seorang mantan penasihat hukum hak asasi manusia. Ia berhasil mengungguli incumbent, John Dramani Mahama, dalam pemilihan presiden pada bulan lalu. (ais)

Sumber: Aljazeera dan kantor-kantor berita

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Setya Novanto diperiksa KPK

NasDem Hargai Putusan Golkar Pertahankan Novanto Sebagai Ketua DPR

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR, Irma Suryani Chaniago menghargai keputusan hasil kesepakatan Golkar terkait dengan posisi Setya Novanto. Sebelumnya, Partai Golkar belum...
Penjahat ditangkap

Kembali, Polisi Tangkap Pemilik Akun Sosmed Terduga Penghina Jokowi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri kembali menangkap pelaku penyebar ujaran kebencian dan SARA melalui jejaring sosial Facebook. Kali ini polisi menangkap...
Demo penolakan iklan rokok

Peneliti: Orang Normal Pasti Percaya Bahaya Rokok

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Peneliti Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan (PKEKK) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Prof Hasbullah Thabrany mengatakan orang normal pasti percaya bahaya...

KANAL WARGA TERBARU

KH. Luthfi Bashori

Pilih Mancung atau Pesek?

KH. Luthfi Bashori Seseorang yang berpakaian islami itu menunjukkan imannya MANCUNG di sisi Allah. Sedangkan menanggalkan pakaian islami itu adalah perbuatan orang yang PESEK imannya...
images lpdp

Contoh Essai LPDP: Sukses Terbesar dalam Hidupku

Beasiswa LPDP menjadi pilihan bagi para penuntut ilmu yang ingin melanjutkan pendidikannya pada level Master dan Doktoral, baik di Dalam maupun Luar Negeri. Salah...
penjajah

Bagaimana Sepilis itu Menjajah Indonesia?

Pada saat tertentu, misal sedang tidak ada yang perlu dikerjakan, pikiran saya kadang suka mengembara entah ke mana. Kadang bisa teringat pada kejadian yang...