Kepolisian Yakin Pelaku Serangan London Bekerja Sendiri

0
74
Khalid Masood sesaat setelah dilumpuhkan Polisi, sedang ditangani petugas medis. (foto: BBC)

LONDON – Polisi anti-terorisme Inggris menyatakan mereka masih yakin pria pelaku serangan di luar gedung Parlemen Inggris pada Rabu 22 Maret waktu setempat, bekerja seorang diri. Namun mereka mengaku mungkin tidak akan pernah memahami motifnya. Demikian keterangan Polisi Inggris kepada media pada hari Sabtu (25/3), sebagaimana dikutip dari Reuters.

Khalid Masood (52) ditembak mati setelah menewaskan lima orang termasuk seorang polisi dalam aksi kekerasan pada Rabu, saat ia menabrakkan pejalan kaki diatas jembatan Westminster dan menabrak pedestrian di dekat gedung Parlemen Inggris di pusat kota London.

Deputi Asisten Komisioner Neil Basu mengatakan tidak ada data intelijen yang menunjukkan bahwa serangan lanjutan telah direncanakan. “Kami masih meyakini bahwa Masood beraksi sendirian pada hari itu,” kata Basu.

Basu mengatakan meski pun ia beraksi sendirian, polisi harus memberikan penjelasan sebanyak mungkin untuk menenangkan warga London.

“Kita semua harus menerima bahwa ada kemungkinan kita tidak akan pernah memahami mengapa ia melakukannya. Pemahaman itu mungkin sudah mati bersamanya,” ujar Basu.

“Meski pun demikian kami memutuskan untuk memahami apakah Masood seorang aktor tunggal yang terinspirasi propaganda teroris atau apakah ada orang lain yang mendorong, mendukung atau mengarahkannya,” katanya.

Polisi melakukan penggerebekan di beberapa properti di beberapa area di Inggris setelah serangan dan menahan 11 orang namun hanya satu orang yang tetap dalam penahanan hingga hari Sabtu.

Mereka meminta teman atau orang yang mengenal Masood datang dan membantu memecahkan teka-teki tindakannya sebelum serangan mau pun alasan spesifik lain atas tindakannya.

Sebelum melancarkan serangan mematikan di Inggris sejak pengeboman di London tahun 2005, Masood dikenal oleh perwira intelijen sebagai penjahat dengan skala ancaman kecil.

EDITOR: Harun S

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU