Kepolisian Yakin Pelaku Serangan London Bekerja Sendiri

LONDON – Polisi anti-terorisme Inggris menyatakan mereka masih yakin pria pelaku serangan di luar gedung Parlemen Inggris pada Rabu 22 Maret waktu setempat, bekerja seorang diri. Namun mereka mengaku mungkin tidak akan pernah memahami motifnya. Demikian keterangan Polisi Inggris kepada media pada hari Sabtu (25/3), sebagaimana dikutip dari Reuters.

Khalid Masood (52) ditembak mati setelah menewaskan lima orang termasuk seorang polisi dalam aksi kekerasan pada Rabu, saat ia menabrakkan pejalan kaki diatas jembatan Westminster dan menabrak pedestrian di dekat gedung Parlemen Inggris di pusat kota London.

Deputi Asisten Komisioner Neil Basu mengatakan tidak ada data intelijen yang menunjukkan bahwa serangan lanjutan telah direncanakan. “Kami masih meyakini bahwa Masood beraksi sendirian pada hari itu,” kata Basu.

Basu mengatakan meski pun ia beraksi sendirian, polisi harus memberikan penjelasan sebanyak mungkin untuk menenangkan warga London.

“Kita semua harus menerima bahwa ada kemungkinan kita tidak akan pernah memahami mengapa ia melakukannya. Pemahaman itu mungkin sudah mati bersamanya,” ujar Basu.

“Meski pun demikian kami memutuskan untuk memahami apakah Masood seorang aktor tunggal yang terinspirasi propaganda teroris atau apakah ada orang lain yang mendorong, mendukung atau mengarahkannya,” katanya.

Polisi melakukan penggerebekan di beberapa properti di beberapa area di Inggris setelah serangan dan menahan 11 orang namun hanya satu orang yang tetap dalam penahanan hingga hari Sabtu.

Mereka meminta teman atau orang yang mengenal Masood datang dan membantu memecahkan teka-teki tindakannya sebelum serangan mau pun alasan spesifik lain atas tindakannya.

Sebelum melancarkan serangan mematikan di Inggris sejak pengeboman di London tahun 2005, Masood dikenal oleh perwira intelijen sebagai penjahat dengan skala ancaman kecil.

EDITOR: Harun S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo Subianto, “What Is To Be Done”: Catatan atas Pidato Prabowo

Pidato Prabowo Subianto menggelegar di bumi nusantara kemarin malam. Jutaan atau puluhan juta menyaksikan pidato visi-misi tersebut. Dari sisi pidato, Prabowo luar biasa, mampu sebagai "singa podium", yang menjelaskan pikiran-pikirannya seolah berinteraksi dengan suasana audiens dan seolah tanpa teks.

Prabowo, Jokowi dan Massa

Bila peristiwa 212 yang penuh makna direvisi pada versi pengkerdilan, sebuah perubahan sosial yang akan terjadi setelahnya sulit diprediksi. Itu seperti terjadi beberapa waktu sebelum keruntuhan rezim Suharto dua dekade lalu.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.