close

Burung di Australia Diserang Penyakit Misterius Mematikan

SYDNEY, SERUJI.CO.ID – Burung di Perth, Western Australia, telah diserang penyakit misterius yang terus membuat bingung para ahli setempat.

Pusat margasatwa di seluruh kota tersebut telah menerima banyak burung yang menderita lumpuh, sehingga membuat hewan itu sulit berdiri atau terbang dan membuat mereka tak berdaya, dan lemah pada kaki serta sayap.

Helen Riley dari Pusat Rehabilitasi Margasatwa Kanyana di Lesmurdie mengatakan kepada media setempat pada Rabu bahwa dari 14 kasus, ia hanya pernah melihat separuhnya selamat.

“Orang membawa burung murai yang kelihatan lemah, tak bisa terbang ke pohon dan barangkali burung lain telah menyerang mereka,” kata Helen Riley, sebagaimana dikutip Xinhua, Rabu (11/4) siang.


“Kami memberi mereka cairan, mungkin mereka memerlukan pereda nyeri yang juga anti-radang. Kebanyakannya adalah istirahat, kehangatan, cairan dan makanan yang baik untuk membuat mereka kembali bugar,” katanya.

“Tapi sebagian hewan tersebut, jika kekebalan mereka terserang, mereka tak baik dan kondisi mereka memburuk dengan cepat dan hanya ada waktu dua pekan untuk menyuntik mati mereka,” katanya.

Di satu lagi pusat margasatwa di Bibra Lake, 60 kasus dilaporkan, dan para ahli dari Departement of Primary Industries, Regional Development and Perth Zoo melakukan serangkaian pemeriksaan guna menyelidiki penyebab penyakit itu.

Walaupun sejenis keracunan tak bisa dikesampingkan, para ahli menduga itu tak mungkin sebab burung yang terpengaruh tidak berada “dalam satu lokasi geografi”.

Meskipun para penyelidik telah mengidentifikasi gejala yang serupa dengan sindrom syaraf yang mengakibatkan kematian massal burung di bagian lain negeri tersebut di Negara Bagian New South Wales antara 2003 dan 2006, pada tahap ini, pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengukuhkan teori tersebut. (Ant/SU02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

PPDB di Jakarta Berjalan Kondusif

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)...

TKN Sebut Dalil BPN Tentang Ajakan Berbaju Putih Cara Pandang Bias Anti-Petahana

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota tim hukum Tim Kampanye Nasional...

Anggota DPRD Jatim Harapkan Pemerintah Pusat Beri Arahan Terkait PPDB

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Anggota DPRD Jawa Timur, Agatha Retnosari berharap...

Kivlan Zen Akan Dihadapkan Dengan Habil Marati Untuk Interogasi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Keterangan tersangka dugaan kepemilikan senjata api...

MRT Diperkirakan Dapat Mengurangi Hingga 5.600 Kendaraan Pribadi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Transportasi umum terbaru di ibu kota,...

DPT Yang Dipersoalkan Prabowo-Sandi Sudah Diselesaikan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua tim kuasa hukum Komisi Pemilihan...

TERPOPULER