Burung di Australia Diserang Penyakit Misterius Mematikan

SYDNEY, SERUJI.CO.ID – Burung di Perth, Western Australia, telah diserang penyakit misterius yang terus membuat bingung para ahli setempat.

Pusat margasatwa di seluruh kota tersebut telah menerima banyak burung yang menderita lumpuh, sehingga membuat hewan itu sulit berdiri atau terbang dan membuat mereka tak berdaya, dan lemah pada kaki serta sayap.

Helen Riley dari Pusat Rehabilitasi Margasatwa Kanyana di Lesmurdie mengatakan kepada media setempat pada Rabu bahwa dari 14 kasus, ia hanya pernah melihat separuhnya selamat.

“Orang membawa burung murai yang kelihatan lemah, tak bisa terbang ke pohon dan barangkali burung lain telah menyerang mereka,” kata Helen Riley, sebagaimana dikutip Xinhua, Rabu (11/4) siang.

“Kami memberi mereka cairan, mungkin mereka memerlukan pereda nyeri yang juga anti-radang. Kebanyakannya adalah istirahat, kehangatan, cairan dan makanan yang baik untuk membuat mereka kembali bugar,” katanya.

“Tapi sebagian hewan tersebut, jika kekebalan mereka terserang, mereka tak baik dan kondisi mereka memburuk dengan cepat dan hanya ada waktu dua pekan untuk menyuntik mati mereka,” katanya.

Di satu lagi pusat margasatwa di Bibra Lake, 60 kasus dilaporkan, dan para ahli dari Departement of Primary Industries, Regional Development and Perth Zoo melakukan serangkaian pemeriksaan guna menyelidiki penyebab penyakit itu.

Walaupun sejenis keracunan tak bisa dikesampingkan, para ahli menduga itu tak mungkin sebab burung yang terpengaruh tidak berada “dalam satu lokasi geografi”.

Meskipun para penyelidik telah mengidentifikasi gejala yang serupa dengan sindrom syaraf yang mengakibatkan kematian massal burung di bagian lain negeri tersebut di Negara Bagian New South Wales antara 2003 dan 2006, pada tahap ini, pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengukuhkan teori tersebut. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Islam Mementingkan Sasaran, Bukan Sarana

Karena itu, term NKRI Bersyariah, itu sejatinya bid’ah; tidak ada presedennya dalam sejarah Islam alias mengada-ada. Sesuatu yang bid’ah semestinya dijauhi oleh para pengikut Rasulullah Saw. Apalagi jika istilah ini diniatkan untuk hajat politik yang pragmatis.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Inilah Tanda Bayi Terkena Penyakit Demam Berdarah

Kenali Demam Berdarah, waspada terhadap anak anda

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Wartawan Dalam Lingkaran Elite Kekuasaan