Korut Izinkan Wartawan Korsel Kunjungi Situs Nuklir

0
24
Perdamaian antara Korut dan Koresel (Foto:The Hill)

SEOUL, SERUJI.CO.ID – Korea Utara telah menerima daftar wartawan Korea Selatan untuk mengunjungi situs uji coba nuklir mereka setelah tarik-menarik berhari-hari dengan Seoul, menurut Kementerian Unifikasi Korea Selatan, Rabu (23/5).

Korea Utara mengundang sejumlah media dari beberapa negara untuk menyaksikan pembongkaran situs uji Punggye-ri sebagai upayanya menegakkan janji untuk menghentikan uji coba nuklir. Namun, Pyongyang menolak untuk menerima daftar wartawan dari Korea Selatan setelah membatalkan rencana pembicaraan antar-Korea sebagai protes terhadap latihan tempur udara Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Undangan untuk menyaksikan pembongkaran situs Punggye-ri dilihat sebagai indikasi bahwa tawaran tak terduga Korea Utara untuk mengakhiri uji coba nuklirnya masih berlaku meskipun ketidakpastian diplomatik baru.

Wartawan dari perusahaan media dari negara-negara lain tiba di kota pelabuhan Korea Utara, Wonsan, pada Selasa (22/5), di mana mereka menunggu untuk dipandu ke lokasi pengujian untuk mengikuti agenda peliputan yang dijadwalkan antara Rabu dan Jumat.

Namun, wartawan Korea Selatan kembali ke negara mereka semalam setelah gagal mendapatkan visa dari Pyongyang di Beijing.

Kementerian Unifikasi mengatakan pada Selasa (22/5) malam bahwa para wartawan Korea Selatan dapat terbang langsung ke Wonsan jika Korea Utara menerima mereka.

“Kami menyampaikan daftar delapan wartawan dari dua media ke Korea Utara hari ini, dan pihak Utara menerimanya,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan pada Rabu (23/5).

Kementerian itu tidak mengatakan kapan wartawan akan berangkat ke Korea Utara tetapi mengatakan akan mengatur dukungan secepat mungkin.

Para anggota media asing yang diundang mengatakan pihak berwenang Korea Utara memberikan alasan kepada mereka bahwa cuaca terlalu buruk untuk melakukan perjalanan ke situs Punggye-ri, tetapi mereka mungkin sebenarnya sedang menunggu para wartawan Korea Selatan, hal ini mengutip ramalan cuaca yang menunjukkan peningkatan kondisi. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Prabowo dengan kucing

Viral Foto Prabowo dengan Kucing, Warganet: Ke Hewan Saja Sayang, Apalagi ke Rakyatnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Foto Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang memberi makan seekor kucing saat sedang menyantap hidangan bersama koleganya, viral di media...

Gubernur Ganjar Pranowo Melepas Calon Haji Jateng-DIY Hari Ini

BOYOLALI, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 34.112 jemaah calon haji asal Jawa Tengah dan DIY diberangkatkan ke tanah suci hari ini, Selasa (17/7). Upacara pelepasan yang...
hary tanoe, mnc, perindo

Gara-Gara Mobil Mewah Hary Tanoe, Massa Perindo dan PDIP Bersitegang di KPU

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gara-gara mobil mewah yang dikendarai Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, massa Perindo bersitegang dengan massa PDI Perjuangan di depan gerbang kantor...
Fahri-hamzah2

Fahri Hamzah: Innalillahi, Mungkin Umur PKS Selesai Tahun Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah memprediksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang selama ini menaunginya dan mengantarnya ke Senayan, akan bubar...
Presiden apel Babinsa

Sama dengan TNI/Polri, Presiden Jokowi Naikan Tunjangan Kinerja Babinsa di Tahun Politik

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pemerintah telah menetapkan kenaikan tunjangan Kinerja bagi anggota TNI dan Polri pada bulan Juni lalu. Besarnya kenaikan mencapai 70 persen dari...