Ledakan di Sebuah Mal di Kolombia, Tiga Tewas dan Sembilan Orang Terluka

0
59
andino, bogota, kolombia
Warga dan petugas keamanan berada di luar pusat perbelanjaan Andino, Bogota, Kolombia, setelah ledakan besar melalui detonator yang diletakkan di toilet, pada Sabtu (17/6). (Foto: REUTERS/Jaime Saldarriaga)

BOGOTAReuters memberitakan, sedikitnya tiga wanita tewas dan sembilan orang terluka setelah terjadi ledakan di sebuah toilet pusat perbelanjaan kelas atas yang ramai di pusat kota Bogota, Kolombia, pada Sabtu (Ahad WIB, red).

Akibat ledakan di toilet perempuan di lantai dua itu, para pengunjung di pusat perbelanjaan Andino yang berada di wilayah elite Bogota tersebut harus dievakuasi.

Padahal saat itu pusat komersial Andino dipadati pengunjung yang ingin membeli hadiah menjelang peringatan Hari Ayah pada Ahad (18/6).

Polisi mengatakan perangkat peledak tersebut ditempatkan di toilet lantai dua.

Wali kota Bogota Enrique Penalosa mengecam keras ledakan yang disebut polisi diakibatkan bom yang ditaruh di dalam lubang toilet.

“Serangan teroris pengecut di Andino ini benar-benar menyakitkan saya,” ujar Penalosa lewat akun Twitter-nya.

Penalosa menambahkan, masih lewat akun Twitter-nya, korban tewas adalah seorang perempuan berkebangsaan Perancis berusia 23 tahun.

Jalan-jalan di sekitar pusat perbelanjaan ditutup dan bangunan perbelanjaan itu dievakuasi oleh polisi ketika ambulan bergegas menuju ke tempat kejadian dan petugas keamanan mencoba untuk menetapkan siapa yang bertanggung jawab terhadap ledakan.

Barisan khusus bom menyisir area tersebut, mencoba mencari perangkat lainnya yang mungkin masih terdapat di pusat perbelanjaan itu.

Foto-foto yang viral di media sosial menunjukkan seorang wanita terjatuh bersandar pada dinding dengan genangan darah di sekelilingnya dan tampak seperti pecahan logam besar menusuk punggungnya. Di depan perempuan itu, terlihat seorang perempuan lain dengan salah satu kakinya putus dari lutut ke bawah.

Gambar lain menunjukkan bilik toilet yang hancur dengan sebuah pegangan pintu berlumuran darah dan puing-puing bertebaran di lantai.

Presiden Kolombia Juan Manuel Santos telah memerintahkan aparatnya untuk menyelidiki penyebab dan dalang tragedi itu.

Situasi keamanan telah berangsur membaik di Bogota dalam dasawarsa belakangan ini. Polisi dan militer meningkatkan pengawasan dan mengerahkan lebih banyak petugas bersenjata di jalanan.

Pada suatu ketika semua tas diperiksa saat memasuki pintu masuk ke dalam mal, tapi itu sudah sangat banyak tidak dilakukan kembali dalam beberapa tahun belakangan.

Anjing pelacak masih memeriksa mobil di fasilitas parkir ibukota.

Sebuah kesepakatan damai ditandatangani tahun lalu dengan Angkatan Bersenjata Revolusioner Pasukan Kolombia (FARC), kelompok gerilyawan terbesar di negara itu, menganggap serangan bom diyakini mungkin akan berhenti.

Kelompok pemberontak terbesar kedua di negara ini, Pasukan Pembebasan Nasional (ELN), pada Februari melancarkan serangan dengan menggunakan sebuah alat peledak di Bogota yang melukai puluhan polisi.

Pihak berwenang mengatakan ada ancaman serangan di Bogota oleh Gulf Clan, sebuah bekas kelompok sayap kanan petempur paramiliter yang mengendalikan lalu lintas narkotika. (IwanY)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Sriwijaya FC

Sriwijaya FC Tunjuk Subangkit Latih Tim U-19

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID - Sriwijaya FC menunjuk mantan pelatih tim senior Subangkit untuk mengarsiteki Tim Under-19 musim kompetisi 2018. Direktur Pengembangan Sriwijaya FC Bambang Supriyanto di Palembang,...

Arus Balik di Bandara Sultan Mahmud Badarudin Melonjak

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID - Pengguna jasa angkutan udara di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, Sumatera Selatan pada arus balik tiga hari setelah Hari Raya...
Kecelakaan

Mobil Dinas Bawa 10 Penumpang Masuk Jurang

PARIGI, SERUJI.CO.ID - Salah satu mobil dinas milik Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Tengah masuk ke jurang di kilometer 11 ruas Toboli-Tawaeli, Kabupaten Parigi Moutong,...
Orang tenggelam

Pengunjung Dilarang Berenang di Pantai Mukomuko

MUKOMUKO, SERUJI.CO.ID -  Warga yang berkunjung ke objek wisata pantai dan danau di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada libur Idul Fitri 1439 hijriah diimbau tidak...
tenggelam

Dua Wisatawan Hilang Tenggelam di Laut Selatan Sukabumi

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID -  Dua wisatawan yang tengah berlibur di laut selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat di dua lokasi berbeda hilang tenggelam saat sedang berenang bersama...