Dam Terbesar di California Jebol, Ribuan Diungsikan

1
147
Untuk pertama kali dalam sejarah 50 tahuh, Oroville Dam mengalami kebocoran.

OROVILLE – Masih ingat jebolnya waduk Situ Gintung akhir Maret 2009 yang menewaskan 77 orang dan membuat 180 dirawat di rumah sakit? Ancaman kasus serupa, dengan skala lebih besar, sedang terjadi di Amerika Serikat.

Ribuan penduduk kawasan Northern California diungsikan sejak Ahad malam (Senin pagi 13 Februari WIB).  Pihak berwenang memperingatkan ada tumpahan di Oroville Dam bendungan tertinggi negara bagian California. Jika tidak bisa dikendalikan, air bah bakal menggenangi kota-kota di bawahnya.

Erosi di ujung saluran pembuangan mengancam rusaknya bendungan beton itu. Air sudah mulai tumpah dari Danau Oroville. Departemen Sumber Daya Air California mengatakan, arus bocoran air berpotensi membanjiri saluran hilir dan tanggul.

Koney Honea, sherif di Butte County, mengaku para teknisi dari Departemen Sumber Daya Air melapor erosi pada saluran pembuangan darurat di Oroville Dam berlangsung lebih cepat daripada yang mereka perkirakan. Air mulai meluap dari dam secara signifikan. Perintah evakuasi dikeluarkan 16:00 waktu setempat (04.00 WIB).

“Sayangnya mereka tidak bisa menasihati saya atau memberitahu saya secara khusus berapa banyak waktu untuk ambil tindakan. Jadi kami harus membuat keputusan sangat sulit dan kritis untuk evakuasi daerah Orville dan semua lokasi di selatan,” katanya. “Kami harus membuat orang bergerak cepat menyelamatkan nyawa jika skenario terburuk terjadi.”

Air mulai mengalir di saluran pembuangan darurat di Oroville Dam pada Sabtu setelah hujan deras. Ini kasus pertama kalinya sejak 50 tahun terkahir. Para pejabat sebelumnya menekankan, bendungan itu sangat kuat dan tidak ada ancaman bagi masyarakat.

Sekitar 16.000 penduduk Oroville diarahkan bergerak ke utara menuju Chico, dan kota-kota lain, mengikuti perintah dari lembaga penegak hukum lokal. Sekitar 12.000 penduduk Yuba County, termasuk kita Marysville, mengungsi ke timur, selatan, atau barat, dan menghindari arah utara menuju Oroville.

Departemen Sumber Daya Air California mengatakan, bocoran air itu melepaskan 100.000 feet kubik per detik dari tempat pembuangan utama. Saluran pembuangan itu bisa menangani 250.000 feet kubik per detik. Masalahnya, ada erosi dan kebocoran yang diketahui pada Minggu.

Erosi sudah mengunyah saluran pembuangan utama saat hujan deras awal pekan. Ada retakan dan pecahan beton sepanjang 60 meter dan lubang sedalam 10 meter, dan terus membesar. Para teknisi tidak tahu apa yang menyebabkan lobang bocoran itu.

Danau Oroville, sekitar 150 mil timur laut kota San Francisco, adalah salah satu danau buatan manusia terbesar di California. Untuk membendung danau, Oroville Dam dibangun setinggi sekitar 234 meter atau yang tertinggi di negara bagian California. Danau ini menjadi pusat jaringan pengiriman air yang dikelola pemerintah California. Ini untuk menyediakan air bagi pertanian di Central Valley dan kebutuhan warga dan bisnis untuk kawasan Southern California.

BAGIKAN
loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Gol Michael Essien Selamatkan Persib dari Kekalahan

BANDUNG - Gol Michael Essien berhasil menyelamatkan Persib Bandung dari kekalahan atas tamunya Bhayangkara FC dalam laga lanjutan kompetisi Gojek-Traveloka Liga 1 Indonesia di...
Pileg Jatim

Walau Terpopuler di Jatim, Jika Pileg Digelar Sekarang Golkar Terendah Dipilih

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Golongan Karya (Golkar) menjadi partai dengan tingkat popularitas tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Kemudian...
Pileg Jatim

Survei: Jika Pileg Digelar di Jatim Sekarang, PDIP Pemenangnya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Ada lima partai politik (parpol) yang memiliki tingkat popularitas dan elektabilitas tertinggi di Jawa Timur. Yakni PDIP, Golkar, PKB, Demokrat, dan...
ternak, gunung agung

Pemkab Karangasem Berupaya Beli Ternak Pengungsi Gunung Agung

KARANGASEM - Pemerintah Kabupaten Karangasem, Bali mengupayakan membeli ribuan hewan ternak milik para pengungsi Gunung Agung guna mencegah agar tidak dijual dengan harga murah. "Kami...
Pileg Jatim

Survei: Jika “Head To Head” Lawan Khofifah, Gus Ipul Hanya Menang Tipis

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Lembaga survei Alvara Research Center merilis hasil survei aspirasi pemilih jelang Pilgub Jawa Timur 2018 mendatang. Hasilnya, Saifullah Yusuf alias Gus...
Hasanuddin Ali

Dukungan Pada Azwar Anas Sebagai Cawagub Jatim 2018 Tertinggi

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas merupakan satu dari tiga kandidat yang mendapat dukungan pemilih tertinggi sebagai calon wakil gubernur (cawagub) untuk...