Badai Pasifik Hajar Southern California, 5 Tewas

LOS ANGELES – Cuaca buruk masih melanda sebagian wilayah Amerika Serikat. Setidaknya, lima orang tewas setelah badai besar menghajar Southern California. Banjir masih menggenangi jalan-jalan di Los Angeles dan San Diego, bahkan terjadi sinkhole (tanah ambles dalam).

Menurut laporan Morgan Winsor untuk ABCNews, Minggu (19/2), tim penyelamat di Thousand Oaks menemukan jenazah pria umur 20-an yang tersapu luapan banjir. Di kawasan Sherman Oaks di Los Angeles, pohon tumbang menyeret tiang listrik dan menabrak mobil. Seorang pria 55 tahun tersengat listrik dan meninggal di rumah sakit.

Dua orang lainnya tewas dalam kecelakaan mobil terpisah di Interstate 15, San Diego, saat hujan lebat. Juga, pengendara motor ditemukan tewas di kendaraan yang sepenuhnya terendam air di Victorville, San Bernardino County.

Di kawasan Studio City, Los Angeles, dua mobil terperosok ke dalam sinkhole. Ketika kendaraan pertama jatuh ke dalam lubang dalam, setidaknya satu orang terjebak sampai kru penyelamat menarik keluar seorang wanita dan membawanya ke rumah sakit karena luka. Beberapa menit kemudian, kendaraan kedua yang kosong terseret masuk lubang.

Badai Pasifik menyapu ke Southern California sejak Jumat pagi, membawa hujan deras, angin kencang, dan menyebarkan curah hujan ke utara hingga San Joaquin Valley dan San Francisco. Peringatan banjir dipasang di Los Angeles, Ventura dan Santa Barbara County.

“Ini tampaknya badai terkuat yang melanda kawasan barat daya California,” begitu peringatan dari Dinas Layanan Cuaca Nasional untuk Los Angeles. “Sangat mungkin yang terkuat dalam enam tahun terakhir, dan bahkan mungkin lebih kuat dibanding pada Desember 2004 atau Januari 1995.”

Badai itu diperkirakan menghasilkan curah hujan 8 – 15 sentimeter di pantai-pantai dan lembah Los Angeles County, serta 12-25 sentimeter di kaki-kaki bukit yang menghadap ke selatan dan lereng gunung pesisir.

Dengan tanah yang sudah basah akibat hujan signifikan musim dingin, Dinas Layanan Cuaca Nasional memperingatkan potensi banjir bandang dan arus puing, terutama daerah-daerah dekat bukit gundul bekas kebakaran hutan. Evakuasi untuk pencegahan sudah dimintakan di beberapa lingkungan.

EDITOR; Omar Ballaz

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.