25 Penumpang Diculik oleh Pria Bersenjata di Nigeria

0
20
Penculikan (ilustrasi)

ABUJA, SERUJI.CO.ID –¬†Sedikitnya 25 penumpang kendaraan diculik oleh pria bersenjata di Negara Bagian Kaduna, bagian barat-laut Nigeria, Kamis (31/5), kata serikat angkutan lokal.

Orang yang diculik tersebut sedang dalam perjalanan di sepanjang jalan Birnin-Gwari di Kaduna, ketika beberapa pria bersenjata mencegat dan memerintahkan mereka memasuki satu bus di daerah itu, kata Danladi Duniya, Kepala Divisi Serikat Pekerja Angkutan Jalan Nasional.

“Barangkali, 25 orang atau lebih secara keseluruhan diculik. Saya benar-benar tak bisa mengatakan secara pasti. Tapi saya sangat yakin mereka tak kurang dari 25 orang,” kata Duniya dalam bahasa setempat, Hausa.

Semua korban sedang naik lima kendaraan di jalur berbahaya Birnin-Gwari, katanya.

Seorang pengemudi salah satu kendaraan tersebut menyelamatkan diri saat para penumpang digiring ke dalam satu bus yang berada di dekat Desa Maganda dan Kirkoyi di poros Birni-Gwari, kata Kepala Serikat Pekerja Angkutan tersebut.

Puluhan serangan telah dicatat di bagian barat-laut Nigeria sejak awal tahun ini, meskipun berbagai upaya dilancarkan untuk meredakan keadaan oleh pemerintah.

Pada awal Mei, militer Nigeria mengkonfirmasi 107 penumpang diculik di Jalan Raya Birnin-Gwari.

Kegiatan baru-baru ini oleh pria bersenjata yang beroperasi di poros itu telah membuat kepala militer Nigeria Tukur Yusuf Buratai mengerahkan tentara tambahan, dan menugasi mereka untuk mengakhiri pembunuhan pengrusakan harta secara membabi-buta, termasuk lahan pertanian.

Serikat pekerja angkutan setempat, yang prihatin dengan pembunuhan dan penculikan yang terus berlangsung, di daerah tersebut juga telah mengingatkan anggotanya agar tidak menggunakan jalur itu sampai tentara mengakhiri serangan. (Ant/Su02)

Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama