Polisi Cirebon Bongkar Penipuan Berkedok Biro Umroh

CIREBON – Kepolisian Sektor Selatan Timur (Seltim) Polresta Cirebon, Jawa Barat, membongkar kasus penipuan dan penggelapan uang berkedok sebagai biaya perjalanan umroh dengan mengamankan seorang tersangka.

“Pengungkapan ini berawal dari adanya laporan dua orang jamaah umroh yang menjadi korban yang kesal karena terlalu lama dijanjikan berangkat,” kata Kapolsek Selatan Timur (Seltim), Komisaris Polisi Suwitno di Cirebon, Ahad (17/9).

Dia mengatakan kedua korban yang dijanjikan berangkat pada bulan Ramadhan 1438 Hijriah itu tak kunjung terbang ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umroh. Mereka pun melaporkan hal tersebut karena sudah merasa ditipu.

Tersangka berinisial ILF (42) merupakan pimpinan biro perjalanan umroh yang berkantor di kawasan Kalitanjung, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Suwitno mengatakan modus operandi yang dilakukan tersangka seperti pada umumnya yaitu para jamaah mendaftarkan diri dengan biaya sebesar Rp 29,1 juta untuk satu orang. Setelah para jamaah sampai di Tanah Suci, pihak travel mengalami kekurangan biaya.

Dan untuk menutupi kekurangan itu, menurutnya, biro tersebut menutupinya dengan biaya pendaftaran jamaah yang baru sehingga jamaah yang baru mendaftar tidak kunjung diberangkatkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengkritisi Strategi Anti-Korupsi Para Capres

Debat capres putaran pertama telah usai. Terlepas paslon mana yang akan keluar sebagai juara dan berhak memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan, tulisan ini ingin mengkritisi ide dan gagasan para paslon seputar pemberantasan korupsi.

Sikap PSI Tolak Perda Syariah Dapat Dikategorikan Anti Pancasila dan Konstitusi

Untuk masyarakat daerah yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam, tentunya wajar bahkan wajib bagi mereka untuk memperjuangkan adanya Perda-Perda yang berdasarkan Syariat Islam di daerahnya. Jadi tidaklah tepat bila kita atau siapapun, partai politik manapun, kelompok manapun, bahkan pemerintah sekalipun ingin menghempang suatu Perda yang bernuansa Syariah.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER