Polda Sumut Antisipasi Peredaran Pil PCC

0
47
Obat terlarang PCC beredar di Kendari. (Foto: Istimewa)

MEDAN – Kepolisian Daerah Sumatera Utara melakukan sejumlah kegiatan untuk mengantisipasi peredaran pil PCC (Paracetamol Cafein Carisoprodol) yang diduga membahayakan kesehatan masyarakat.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting di Medan, Kamis (14/9), mengatakan, pil PCC berbahaya bagi kesehatan sehingga pihaknya melakukan upaya preemptif, preventif, dan represif.

Upaya preemtif dilakukan dengan memberikan imbauan dan sosialisasi kepada seluruh pelaku usaha di bidang farmasi, baik apotek maupun toko obat agar tidak menjual atau memberikan obat itu tanpa dilengkapi resep dokter.

Larangan itu disebabkan pil PCC mengandung sediaan farmasi termasuk daftar obat keras (G) yang hanya diperuntukkan oleh orang yang direkomendasikan dokter dalam kapasitas kondisi kesehatan pasien.

Kemudian, upaya preventif dengan melakukan penertiban terhadap pelaku usaha di bidang farmasi dan obat-obatan agar tidak melakukan jual beli obat yang termasuk daftar G tanpa mempedomani ketentuan UU Kesehatan.

Langkah terakhir adalah melakukan upaya represif dengan menindak orang-orang yang melakukan penyalahgunaan obat-obatan tanpa izin.

Hingga saat ini, pihak kepolisian memang belum menemukan peredaran pil PCC di wilayah hukum Polda Sumut, namun tim Direktorat Reserse Narkoba tetap melakukan penyelidikan.

Dengan penyelidikan tersebut, diharapkan obat yang membahayakan itu dapat dipantau dan dicegah peredarannya jika ditemukan di lapangan.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang mengetahui peredaran pil PCC tersebut agar dapat memberikan informasi segera ke kantor kepolisian terdekat. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Peresmian Kantor Induk PJR Serang

Kantor Induk Polisi Jalan Raya Serang Resmi Beroperasi

SERANG, SERUJI.CO.ID - PT Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak selaku pengelola jalan tol Tangerang-Merak bersama Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meresmikan beroperasinya Kantor Induk Patroli...
Khofifah-Emil

Resmi Usung Khofifah-Emil, Golkar Ancam Beri Sanksi Kadernya yang Tak Dukung

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - DPP Partai Golkar mengancam akan mengambil sikap tegas kepada kader partai Golkar yang tidak menjalankan putusan Partai Golkar yang telah memberikan...
Gus Ipul (kiri) dan Khofifah (kanan)

Survei: Jika Pilgub Jatim Dilakukan Hari ini, Siapakah Yang Anda Pilih?

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur akan berlangsung pada tahun 2018. Dan saat ini sudah ada dua pasang calon yang secara resmi...

KANAL WARGA TERBARU

Setan Pendidikan yang Bernama Kompetisi

Oleh Muhammad Hanif Priatama Bagaimana cara kebanyakan orangtua mengetahui seberapa baik anaknya di sekolah saat ini? Jawabannya : RANGKINGNYA! Ya, tidak ada sarana yang paling...
KH. Luthfi Bashori

Pilih Mancung atau Pesek?

KH. Luthfi Bashori Seseorang yang berpakaian islami itu menunjukkan imannya MANCUNG di sisi Allah. Sedangkan menanggalkan pakaian islami itu adalah perbuatan orang yang PESEK imannya...
images lpdp

Contoh Essai LPDP: Sukses Terbesar dalam Hidupku

Beasiswa LPDP menjadi pilihan bagi para penuntut ilmu yang ingin melanjutkan pendidikannya pada level Master dan Doktoral, baik di Dalam maupun Luar Negeri. Salah...