Mantan Bendahara Pemenangan Ramadhan Pohan Dihukum 9 Bulan Bui

0
Savita Linda Hora
Sidang terdakwa Savita Linda Hora Panjaitan, mantan Bendahara Pemenangan Ramadhan Pohan. (Foto: Mica/SERUJI)

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Mantan bendahara pemenangan pasangan calon Wali Kota Medan Ramadhan Pohan-Eddie Kusumah, Savita Linda Hora Panjaitan, divonis 9 bulan penjara. Dia dinyatakan bersalah turut serta melakukan penipuan terhadap Rotua Hotnida Boru Simanjuntak dan Laurenz Hendry Hamongan Sianipar senilai Rp 15,3 miliar.

“Menjatuhkan pidana penjara selama 9 bulan,” ucap majelis hakim yang diketuai Erintuah Damanik serta didampingi hakim anggota Morgan SH dan Sabarulina SH dalam sidang beragenda putusan di Ruang Cakra 7 Pengadilan Negeri Medan, Rabu (26/10).

Majelis hakim menyatakan terdakwa Savita Linda Hora Panjaitan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah sebagaimana dalam dakwaan primair Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pasal 378 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Meski dinyatakan terbukti bersalah, namun majelis hakim dalam amar putusannya tidak memerintahkan penahanan terhadap terdakwa.

Adapun hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa menyebabkan Rotua Hotnida Boru Simanjuntak dan Laurenz Hendry Hamongan Sianipar mengalami kerugian senilai Rp 15,3 miliar.

“Sedangkan hal-hal yang meringankan, terdakwa mengakui perbuatannya selama persidangan, terdakwa tidak pernah dihukum, antara terdakwa dan saksi Rotua Hotnida Boru Simanjuntak dan Laurenz Hendry Hamongan Sianipar telah berdamai,” jelas hakim.

Vonis ini jauh lebih ringan dari tuntutan JPU Sabarita Debora, SH. Sebelumnya JPU menuntut terdakwa Savita selama 1 tahun 6 bulan penjara dengan perintah agar dilakukan penahanan.

Menyikapi vonis ini, baik terdakwa maupun JPU langsung menyatakan akan mengajukan banding.

Sementara itu, Ramadhan Pohan yang juga menjabat Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat dijadwalkan menghadapi sidang putusan dalam kasus yang sama pada Jumat, 27 Oktober 2017.

Sebelumnya JPU meminta agar majelis hakim menjatuhkan hukuman kepada Ramadhan Pohan selama 3 tahun penjara dengan perintah penahanan.

Kasus ini berawal saat terdakwa Savita mengenalkan korban Rotua Hotnida Simanjuntak kepada Ramadhan Pohan. Kemudian, Savita meminjam uang kepada Rotua Hotnida Boru Simanjuntak untuk kepentingan Ramadhan Pohan yang maju dalam Pilkada sebagai calon Wali Kota Medan periode 2016-2021. Savita terus menerus membujuk korban untuk meminjam uang. Agar mendapat pinjaman, Savita membawa-bawa nama Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono (SBY) dan para jenderal di Jakarta serta Ibas Yudhoyono. Terdakwa menyebutkan jika uang kiriman sudah datang dari Jakarta, maka uang pinjaman akan segera dikembalikan. Atas bujuk rayu terdakwa, membuat korban yang merupakan ibu dan anak itu, tergerak hatinya meminjamkan uang. Kemudian, uang diserahkan secara bertahap di posko pemenangan pasangan Ramadhan Pohan yang berpasangan dengan Eddy Kusuma (REDI) dengan perjanjian akan mengembalikan uang tersebut bersama bunganya.

Belakangan, setelah Ramadhan Pohan tidak terpilih dalam Pilkada Medan, kedua korban meminta kembali uangnya. Namun, uang itu tak kunjung dikembalikan. Bahkan cek yang diberikan Ramadhan Pohan, ternyata tidak dapat dicairkan karena dananya tidak cukup. Apalagi, Ramadhan selalu mengelak saat ditagih pembayaran. Akhirnya, korban melaporkan kasus itu ke Polda Sumut. (Mica/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Gebyar Anak Bangsa

Satlantas Polresta Yogyakarta Sosialisasi Keselamatan Anak di Jalan

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Untuk menggugah kesadaran pengguna jalan, Jajaran Satlantas Polresta Yogyakarta terus melakukan sosialisasi keselamatan dalam berlalu lintas. Selain himbauan kepada para pengguna jalan, sosialisasi...
Muhammad Fawaid

Gandeng PKS, Gerindra Siapkan Pasangan EMAS di Pilgub Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra memunculkan nama baru di Pilgub Jatim 2018 mendatang. Nama yang digadang-gadang akan diusung Gerindra bersama partai Koalisinya yaitu Partai...
Kunjungan BPJS

Dirut BPJS Kesehatan Tinjau Pelayanan RS di Medan

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris meninjau RS Bunda Thamrin, Medan yang merupakan salah satu rumah sakit...
Kelompok Kriminal Bersenjata

Polisi Ungkap Aksi Kejahatan Kelompok Separatis di Tembagapura

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Polisi di Provinsi Papua mengungkap aksi kekerasan dan kejahatan yang dilakukan kelompok separatis dari Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN...
Khofifah Indar Parawansa

Spanduk Golkar Dukung Khofifah Bertebaran di Surabaya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Spanduk berlambang Golkar mendukung bakal Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah mulai bertebaran di sejumlah titik di Kota Surabaya. Spanduk...
Spanduk dukungan Setnov ke RK

Spanduk Dukungan dari Setnov Bertebaran, Ini Respon Ridwan Kamil

BANDUNG, SERUJI.CO.ID -  Kandidat calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, enggan mengomentari beredarnya spanduk dan baliho yang bergambar dirinya bersama ketua DPP Golkar, Setya Novanto...