Terkait Pengungsian Rohingya, Sekjen PBB Sebut Myanmar Lakukan Pembersihan Etnis

NEW YORK РSekretaris Jendral (Sekjen) Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Antonio Guterres  menyebut apa yang terjadi dengan Muslim Rohingya dengan lebih dari sepertiga warga minoritas di negara bagian Rakhine, Myanmar tersebut harus mengungsi sebagai sebuah tindakan pembersihan etnik (ethnic cleansing).

Hal itu disampaikan Guterres dalam siaran persnya di New York, Rabu (13/9) waktu setempat. Dan ia meminta pihak berwenang di Myanmar untuk menghentikan aksi militer, mengakhiri kekerasan, dan menegakkan hukum serta mengakui hak untuk kembali bagi semua yang sudah meninggalkan negara itu.

“Ketika sepertiga penduduk Rohingya harus meninggalkan negara, bisakah Anda menemukan kata yang lebih baik untuk menggambarkannya.” kata Guterres, menjawab pertanyaan awak media apakah benar yang terjadi di Myanmar sebagai ethnic cleansing.

Sebagaimana diketahui sejak operasi militer dilakukan tentara Myanmar ke Rakhine akhir bulan lalu, ratusan ribu Muslim Rohingya dipaksa meninggalkan rumah dan desa mereka, menyelamatkan diri mengungsi ke perbatasan Myanmar-Banglades.

Sebelumnya, Dewan Keamanan PBB telah mengadakan pertemuan pada Rabu (13/9) dan mengeluarkan pernyataan mengecam “serangan awal atas pasukan keamanan dan kekerasan (yang terjadi) setelahnya”.

Dalam pernyataan Dewan Keamanan PBB tersebut juga disampaikan “keprihatinan atas laporan-laporan tentang kekerasan yang berlebihan selama operasi militer” dan menyerukan “langkah mendesak untuk mengakhiri kekerasan di Rakhine” serta “menjamin perlindungan para warga sipil”.

Dewan Keamanan dalam pernyataannya juga meminta persoalan pengungsi agar segera diselesaikan. (Reuters/Arif R/Hrn)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER