Tekan Kenaikan Harga Bahan Pokok, Ini Cara Khofifah

JEMBER, SERUJI.CO.ID – Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau harga bahan pokok menjelang Lebaran 2018 dan kegiatan tersebut dilakukan di sela-sela kampanye dan menyapa para pedagang di Pasar Tanjung Kabupaten Jember, Kamis (7/6).

“Saya sudah memantau harga bahan pokok di pasar tradisional yang tersebar di beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur dan yang mengalami kenaikan secara signifikan adalah daging ayam ras,” kata Khofifah di Pasar Tanjung Jember.

Berdasarkan penuturan para pedagang, lanjut dia, ketersediaan daging ayam potong di pasaran terbatas, sedangkan permintaan masyarakat untuk daging ayam tersebut cukup tinggi, sehingga menyebabkan harga melambung di pasaran.

“Naiknya harga daging ayam tersebut sudah terjadi pada awal Ramadhan di sejumlah daerah, sehingga saya menyarankan lebih baik dilakukan operasi pasar khusus daging ayam menjelang Lebaran, sehingga terdeteksi kebutuhan komoditas tersebut,” tuturnya.

Ia juga berharap Dinas Perindustrian dan Perdagangan melakukan pengecekan dari hulu hingga hilir terkait dengan kenaikan komoditas daging ayam, sehingga dapat diketahui kemacetan suplai tersebut berhenti dimana.

“Ada solusi jangka panjang untuk menekan kenaikan harga bahan pokok menjelang Lebaran yakni dibangun nya sebuah gudang sebagai tempat penyimpanan berbagai komoditas kebutuhan pokok di setiap pasar tradisional, agar tidak mengalami kelangkaan,” katanya.

Khofifah mengatakan pedagang bisa memotong rantai distribusi yang memakan biaya tinggi dan akan mendapatkan kualitas barang bagus dengan harga standar, apabila barang-barang kebutuhan pokok tersebut disimpan di gudang yang berada di pasar tradisional.

“Saya juga berharap ada agen perbankan di pasar tradisional untuk memberikan kredit usaha rakyat (KUR) kepada para pedagang usaha mikro, sehingga para pedagang tidak terjerat rentenir,” ucap calon Gubernur Jatim nomor urut 1.

Ia mengaku masih belum melihat ada agen perbankan yang mendistribusikan KUR di tengah pasar tradisional, sehingga pasangan Khofifah-Emil berjanji akan mewujudkan itu sebagai upaya memproteksi pedagang dari rentenir.

Saat melakukan kegiatan kampanye di Pasar Tanjung, tim sukses Khofifah-Emil membagi-bagikan kerudung dan kaos bergambar pasangan cagub-cawagub nomor urut 1 kepada pedagang dan pengunjung pasar tradisional Jember itu.

Selain mengunjungi Pasar Tanjung Jember, Khofifah juga menghadiri deklarasi dan silaturahmi Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang digelar di Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengkritisi Strategi Anti-Korupsi Para Capres

Debat capres putaran pertama telah usai. Terlepas paslon mana yang akan keluar sebagai juara dan berhak memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan, tulisan ini ingin mengkritisi ide dan gagasan para paslon seputar pemberantasan korupsi.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.