Rencana Gerindra Bentuk Poros Tengah di Pilgub Jatim Bubar

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Partai Amanat Nasional (PAN) berisyarat bakal merapat ke Khofifah. Itu artinya, rencana Gerindra membentuk poros tengah di Pilgub Jawa Timur 2018 gagal.

Ada tiga partai politik (parpol) yang tergabung dalam poros tengah, yaitu Gerindra (13 kursi), PAN (7 kursi), dan PKS (6 kursi). Jumlah kursi itu melebihi syarat minimal untuk mengusung kandidat di Pilgub Jatim, yakni 20 kursi.

Namun, poros tengah tampaknya sulit terwujud jika PAN merapat ke salah satu kandidat. Sebab, jumlah kursi Gerindra dan PKS belum mencukupi untuk mengusung kandidat sendiri, yakni hanya 19 kursi.

“Besok pagi kita akan ikut mendaftarkan kandidat ke KPU Jatim,” kata Bendahara DPW PAN Jatim, Agus Maimun, dikonfirmasi, Selasa (9/1).

Pasangan cagub/cawagub Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak bakal mendaftar ke KPU Jatim sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu (10/1). Sore harinya akan disusul oleh cagub Saifullah Yusuf bersama pasangan barunya.

Menurut Agus, sikap partainya ini diambil setelah dua nama yang diajukan ke Saifullah Yusuf sebagai cawagub pengganti Abdullah Azwar Anas gagal.

“Hasil kesepakatan partai di poros tengah, ketika nama-nama yang kita ajukan ke Gus Ipul tidak ada titik temu, maka sikap selanjutnya dikembalikan ke masing-masing partai,” ujarnya.

Senada juga disampaikan Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Hendro Tri Subiyantoro. Dia menyatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan Gus Ipul terkait nama-nama yang disodorkan partai di poros emas.

Namun, kata Hendro, ketika nama yang diajukan ditolak oleh Gus Ipul, maka Partai Gerindra sudah mempersiapkan dua opsi lainnnya.

“Yakni tetap mengupayakan mengusung pasangan calon (paslon) sendiri bersama-sama PAN dan PKS. Kedua, memilih abstain di Pilgub Jatim,” ujarnya. (Amal/SU05)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER