Ratusan Warga Batam Protes Kebijakan Trump Soal Yerusalem

0
117
PKS Batam - Palestina
Warga Batam dari berbagai ormas menggelar demo menolak pengakuan sepihak Donald Trump soal Yerusalem, Ahad (10/12/2017). (Foto: Andika DR/Asep/SERUJI)

BATAM, SERUJI.CO.ID – Ratusan Warga Kota Batam Kepulauan Riau yang tergabung dalam berbagai organisasi masyarakat berunjuk rasa memprotes kebijakan Presiden Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

“Kami melakukan aksi untuk memprotes kebijakan AS terkait pengakuan terhadap Israel dengan dipindahkan Ibu Kota ke Yerusalem,” kata koordinator aksi dari PKS Batam, Raden Hari Tjahyono di Batam, Kepri, Ahad (10/12).

Menurut dia, kebijakan AS itu menyalahi aturan internasional dan akan membuat ketegangan di Timur Tengah, juga negara lain seperti Indonesia.

PKS Batam bersama ormas-ormas di Batam menggelar demo menolak pengakuan sepihak Donald Trump soal Yerusalem, Ahad (10/12/2017). (Foto: Andika DR/Asep/SERUJI)

Ia mengatakan isu Palestina amat sensitif di Indonesia yang mayoritas muslim. Sehingga kebijakan yang merugikan rakyat Palestina itu dipastikan juga menyakiti warga Indonesia.

“Karenanya, PKS kemudian berkoordinasi dengan ormas yang ada, untuk berunjuk rasa menyampaikan sikap, bahwa kami membela perjuangan rakyat Palestina, dan meminta AS membatalkan kebijakannya,” kata Raden.

Ia mengapresiasi sikap yang ditunjukan Presiden Jokowi yang langsung memprotes kebijakan Presiden Trump.

Namun, pihaknya menuntut agar Presiden Jokowi lebih tegas lagi dengan ikut membantu warga Palestina.

Dalam aksi yang juga diikuti perwakilan NU, Muhammadiyah, dan FPI itu, para aktivis juga mengumpulkan dana yang akan diserahkan kepada Komisi Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP).

“Kami juga menggalang dana. Kalau di PKS ini sudah berkala, dan sekarang kami mengajak ormas lain menggalang dana yang akan disampaikan ke KNRP yang biasa mengurus,” kata dia.

Sementara itu, koordinator aksi lainnya, Warya Burhanuddin mengatakan unjuk rasa itu untuk mengecam sikap Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang memihak kepada Israel.

“Apa yang sudah di sampaikan Trump menjadi sentimen negatif yang bisa mempengaruhi perdamaian dunia,” kata Warya dalam orasinya.

Warya meminta Pemerintah Indonesia terus menyerukan perdamaian dan penolakan terhadap penetapan Yerusalem sebagai ibu Kota Israel.

“Apa yang sudah di lakukan pemerintah sudah tepat dan cepat merespon apa yang terjadi pada nasib saudara kita di Palestina. Kami minta pemerintah tidak henti memperjuangkan dan berperan aktif dalam perdamaian di Palestina,” kata dia. (Ant/SU02)

Komentar

BACA JUGA
Febri Diansyah

KPK Perpanjang Penahanan Tersangka Suap RAPBD Jambi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan anggota DPRD Provinsi Jambi 2014-2019 Supriono, tersangka suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah...

Penghina Presiden Dibawa Ke Mabes Polri

TANJUNGPINANG, SERUJI.CO.ID - Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia membawa MKN (54), tersangka ujaran kebencian terhadap Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara serta...

Presiden Apresiasi Penggagalan Distribusi 1,6 Ton Sabu-Sabu

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Presiden Joko Widodo mengapresiasi upaya penggagalan 1,6 ton narkoba jenis sabu di perairan Karang Helen Mars yang berdekatan dengan Karang Banteng, Kabupaten...
Gus Ipul Kunjungi korban banjir

Gus Ipul Kunjungi Kediaman Korban Banjir

JOMBANG, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul), mengunjungi keluarga korban hilang akibat terseret arus sungai yang disebabkan...
Rakor KPU Sumut

Jumlah Dikurangi, Beban Kerja PPK Akan Lebih Berat di Pemilu 2019

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Anggota KPU Provinsi Sumut Nazir Salim Manik mengatakan jumlah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas pada Pemilu 2019 dipangkas...
loading...
Al Battani

Penemu Kala Revolusi Bumi Ternyata Muslim

Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari pada orbitnya. Revolusi bumi ini bisa terjadi akibat tarik menarik antara gaya gravitasi bumi dengan gaya gravitasi...
IMG-20180222-WA0084

PANWASLU KABUPATEN MESUJI RAKOOR TENTANG PENANGANAN PELANGGARAN PEMILU

Pada hari Kamis tanggal 22 Februari 2018, Panwaslu Kabupaten Mesuji mengadakan Rapat Koordinasi dengan peserta Anggota Panwascam Divisi Penindakan dan Divisi SDMO serta 1...
Talonsong

Talonsong

Talonsong, sebuah kata dalam bahasa Minang, yang sering dituturkan ditengah masyarakatnya.  Talonsong, padanannya dalam bahasa indonesia yang tepat adalah terlanjur.  Jika talonsong,  maka semuanya...