Pilkada Serentak, Mendagri Tunjuk Empat Kadis Pemprov Jatim Pjs Kepala Daerah

0
173
Soni Sumarsono
Dirjen Otoda Kemendagri Soni Sumarsono

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Untuk mengisi kekosongan di empat daerah di Jatim yang kepala daerahnya cuti untuk mengikuti pilkada, Mendagri menunjuk empat Penjabat sementara (Pjs)kepala daerah yang diambilkan dari kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemprov Jatim.

Empat penjabat tersebut antara lain Kepala BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) Jumadi menjadi Pjs Wali Kota Kediri, Kadisparta Jatim Jarianto menjadi Pjs Bupati Tulungagung, Kadishub Jatim Wahid Wahyudi menjadi penjabat Wali Kota Malang, Kadisnakertrans Setiadjid menjadi Pjs Bupati Jombang.

“Beda dengan Plt yang masa kepala daerahnya sudah berakhir. Untuk penjabat ini kepala daerahnya sedang cuti kampanye,” kata Dirjen Otoda Kemendagri Soni Sumarsono usai pelantikan, di gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (14/2).

Pria asal Tulungagung ini mengatakan kewenangan Pjs kepala daerah ini semuanya harus mendapat perijinan dari Mendagri.

“Kalau mau mutasi kepala dinasnya bisa diajukan ke Mendagri atas dasar apa dilakukan mutasi,” sambungnya.

Sedangkan berkaitan dengan pilkada, Soni mengatakan penjabat memiliki kewenangan penuh untuk memastikan ASN (Aparatur Sipil Negara) di daerah agar tetap netral.

“Jika ada yang melanggar terhadap komitmen netralitas tersebut, maka silahkan diberi sanksi. Inilah salah satu langkah mendagri untuk menjaga netralitas ASN di daerah,” terangnya.

Untuk kepala daerah yang mengikuti kampanye, lanjut mantan Pj Gubernur DKI ini, selama cuti hak-hak sebagai kepala daerah tetap dipenuhi pemerintah.

“Gaji dan tunjangannya sebagai kepala daerah tetap diterima,” tutupnya. (Setya/Hrn)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama