M Nuh: Video Ahok Tidak Ada yang Diedit

136

Jakarta – AKBP M Nuh, Kasubbid Komputer Forensik Puslabfor Mabes Polri dihadirkan oleh JPU sebagai saksi ke-tiga dalam persidangan kasus penodaan agama oleh Ahok, Selasa (7/2) siang. Dari empat barang bukti berupa tiga keeping DVD-R dan satu flashdisk yang diperoleh dari saksi pelapor Burhanudin, Bachtiar, Novel Chaidir, dan Habib Muchsin tidak ada yang disunting atau edit.

“Momen-momen di video sesuai dengan histogram. Video dari Pemprov DKI durasinya panjang, beberapa momen berbeda di kompilasi barang bukti. Tidak ditemukan penyisipan atau pembuangan frame,” ujar M Nuh di dalam ruang sidang.

M Nuh juga menjelaskan, pihaknya tidak diminta oleh penyidik untuk menganalisa suara dalam rekaman video, M Nuh diminta untuk melakukan transkip atas barang bukti video dari saksi-saksi pelapor yang diputar berulang kali untuk mendapatkan akurasi transkrip yang baik.

Selain di Kepulauan Seribu, sebelumnya Ahok juga pernah menyinggung soal Al-Maidah 51 saat konfrensi pers di DPP Partai NasDem pada 21 September 2016. M Nuh membenarkan melalui analisa videonya bahwa Ahok juga menyinggung Al-Maidah 51 pada saat itu.

Menggunakan analisis metadata, frame per frame, histogram dan transkrip. Hasil analisis kita, video saat di NasDem dan di Balai Kota tidak ditemukan penyisipan frame,” kata M. Nuh.

EDITOR : Iwan S

loading...

3 KOMENTAR

  1. Udah tau Gitu apa lagiiii, penjarain sebelum dia merajalela ….. Katanya Negara hukum, klu umat Islam cepat betul kau tangkap, ni dah tersangka dari tahun lalu Masih melenggang kemana2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama