Kecam Penghadangan Neno Warisman, Kuasa Hukum Minta Polisi Bertindak Tegas

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kuasa Hukum dari Tim Advokasi #2019GantiPresiden, Djudju Purwantoro mengecam tindakan sekelompok massa yang telah melakukan penghadangan terhadap kedatangan tokoh gerakan #2019GantiPresiden, Neno Warisman di Bandara Hang Nadim Batam, Sabtu (28/7) sore.

Dikatakan oleh Djuju, penghadangan yang telah dilakukan sekelompok orang tersebut merupakan tindakan semena-mena, anarkis dan melawan hukum.

“Apalagi penghadangan tersebut dilakukan di Bandara yang mestinya bebas dari kegiatan unjuk rasa dan kepentingan politis,” ujar Djuju lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Ahad (29/7) siang.

Menurut pria yang tergabung dalam Ikatan Advokat Muslim Indonesia (IKAMI) ini, tindakan sekelompok massa yang menghadang Neno Warisman yang akan hadir di acara deklarasi Relawan Nasional #2019GantiPresiden tersebut, adalah perbuatan melawan hukum.

“Perbuatan anarkis oleh kelompok masyarakat tersebut, adalah perbuatan melawan hukum yang justru juga telah melanggar Konvensi hukum internasional tentang HAM, dan UU tentang Penerbangan/Bandara,” katanya.

Baca juga: Sempat Diberitakan Batal, Deklarasi #2019GantiPresiden di Batam Dihadiri Ribuan Massa

Djuju menegaskan, kegiatan dan sosialisasi tentang #2019GantiPresiden adalah hak setiap warga negara yang konstitusional dan dilindungi Undang Undang sebagaimana diatur dalam Undang Undang 9/1998 tentang Penyampaian Pendapat dimuka umum, Undang Undang tentang Pemilu 7/2017, dan PKPU/2017 tentang Pencalonan Presiden.

“Jadi bukanlah perbuatan melanggar hukum normatif yang berlaku di negara ini. Apalagi kegiatan serupa tersebut selama ini juga telah berlangsung di berbagai kota, antara lain di Jakarta, Medan, Solo, dll, yang diikuti oleh kekompok masyarakat setempat dengan lancar dan aman,” jelasnya.

Atas kejadian tersebut, imbuh Djuju, Tim Advokasi #2019 meminta pihak kepolisian menindak tegas kelompok massa yang telah berlaku anarkis tersebut.

“Kami meminta kepada aparat keamanan supaya bertindak tegas, adil dan profesional supaya memproses hukum, kepada setiap orang yang telah melakukan perbuatan melanggar hukum di Bandara Batam tersebut,” pungkasnya. (ARif R/Hrn)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Memaknai Indonesia

Soal Publikasi Reuni 212: Kebebasan Pers di Era Media Sosial

Reuni 212 jelas peristiwa besar, jika dilihat banyaknya massa yang berkumpul. Ia juga jelas peristiwa besar jika dilihat dari tertib dan disiplin massa itu. Namun jelas pula Reuni 212 bukan peristiwa netral.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi