Jelang Debat Publik Putaran Pertama, KPU Libatkan 4 Panelis Dari Akademisi

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Jelang Debat Publik Pemilihan Gubernur Jatim 2018 putaran pertama, yang akan diadakan besok, Selasa (10/4) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur telah mempersiapkan sejumlah aturan dan petunjuk teknis pelaksanaan debat. Salah satunya pembatasan kehadiran Tim Kampanye dan pendukung kedua paslon.

“Debat publik tidak ada pengerahan masa, hanya kami beri batasan sebanyak 150 orang yang boleh masuk untuk menonton debat tersebut. Kita juga tidak menyediakan layar plasma di luar area, untuk menghindari membludaknya simpatisan yang hadir,” kata Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito di Kantor KPU Jatim, Surabaya, Senin (9/4).

Eko mengungkapkan bahwa debat publik ini yang pertama disiarkan secara live di dua televisi nasional swasta.

Acara debat ini, lanjut Eko, dibagi enam segmen penayangan. Terdiri dari penyampaian visi misi, pertanyaan host kepada kandidat, pendalaman studi kasus, saling memberi pertanyaan antara Cagub dan Cawagub lain, debat antar paslon dan closing segmen.

“Materi sudah ditentukan oleh tim perumus. Untuk depat pertama ini, terkait kesejahteraan rakyat, kesehatan, pendidikan, Sosial, Hukum dan Ham serta pemberdayaan perempuan, saya juga yakin kedua palson tidak akan kehabisan ide,” terangnya.

Diungkapkan juga oleh Eko, KPU melibatkan empat panelis akademis sebagai perumus materi debat publik. Keempat panelis adalah Nunuk Nuswardani dari Hukum Administrasi Negara Universitas Trunojoyo Madura, Abdul Chalik pengamat Politik Pemerintahan Lokal dan Perbandingan Kelembagaan Negara, Lutfi J. Kurniawan Akademisi dan Aktivis Anti Korupsi dan Fauzan dari pengajar Bahasa Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang.

“Kita harap materi yang diberikan, bisa disampaikan paslon Cagub Cawagub Jatim nomor urut satu Khofifah-Emil dan nomor urut dua Gus Ipul-Puti Guntur dengan baik, agar masyarakat Jatim bisa mengetahui dan menilai kapasitas calon pemimpin Jatim mendatang,” pungkasnya. (Devan/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER