Dukungan Demokrat Solid, Khofifah-Emil Unggul 1,1 Persen dari Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Lembaga survey The Republic Institute menilai saat ini elektabilitas pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, unggul tipis 1,1 persen atas pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Hal tersebut terlihat dari hasil survei The Republic Institute di 38 Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Timur, pada 15-25 Februari 2018.

Dari sisi popularitas Khofifah juga lebih unggus dari Gus Ipul, 95,9 persen berbanding 94,3 persen. Hal yang sama terjadi untuk pasangan calon Wakil Gubernur, dimana Emil Dardak unggul di 62,8 persen, sementara Puti Guntut tertinggal tipis di 61,9 persen.

“Dari aspek elektabilitas (keterpilihan) untuk calon Gubernur, pasangan Khofifah–Emil Dardak juga unggul tipis selisih 1,1 persen. Pasangan Khofifah-Emil mendapatkan suara sebesar 48,7 persen, sedangkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur 47,6 persen. Yang masih belum menentukan sebesar 3,7 persen,“ ungkap Direktur The Republic Institute, Fatkhul Mujib saat dikonfiirmasi di Surabaya, Rabu (14/03).

Fatkhul Mujib mengatakan suara pemilih tidak berbanding lurus antara pemilih partai pengusung dengan pilihan cagubnya. Misalnya PKB justru lebih banyak menentukan suaranya ke pasangan nomor urut satu, Khofifah–Emil Dardak, yaitu antara 66,3 persen berbanding 31 persen yang mendukung pasangan nomor dua.

Adapun Nasdem sebagai pengusung nomor urut satu justru pemilihnya lebih banyak mendukung cagub Gus Ipul–Puti.

“Partai Demokrat masih cenderung solid pada calon yang diusungnya, yakni Khofifah-Emil, mungkin karena ada Pakde Karwo effect,” terang Mujib. (Setya/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bagaimana Kalau Prabowo Kalah Lagi?

Terpilih kembali atau tidaknya petahana adalah sebuah hal yang wajar di alam demokrasi. Karena tujuan dari pesta demokrasi, atau yang kita sebut Pilpres ini, adalah untuk mengukur kepuasan dan ketidakpuasan pada petahana.

Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Menurut Laode M Syarif, saat ini 68% pelaku korupsi merupakan lulusan perguruan tinggi. Makanya, perguruan tinggi harus bertanggungjawab atas kejahatan korupsi yang dilakukan lulusannya.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER