Dukungan Demokrat Solid, Khofifah-Emil Unggul 1,1 Persen dari Gus Ipul-Puti


SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Lembaga survey The Republic Institute menilai saat ini elektabilitas pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, unggul tipis 1,1 persen atas pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Hal tersebut terlihat dari hasil survei The Republic Institute di 38 Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Timur, pada 15-25 Februari 2018.

Dari sisi popularitas Khofifah juga lebih unggus dari Gus Ipul, 95,9 persen berbanding 94,3 persen. Hal yang sama terjadi untuk pasangan calon Wakil Gubernur, dimana Emil Dardak unggul di 62,8 persen, sementara Puti Guntut tertinggal tipis di 61,9 persen.

“Dari aspek elektabilitas (keterpilihan) untuk calon Gubernur, pasangan Khofifah–Emil Dardak juga unggul tipis selisih 1,1 persen. Pasangan Khofifah-Emil mendapatkan suara sebesar 48,7 persen, sedangkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur 47,6 persen. Yang masih belum menentukan sebesar 3,7 persen,“ ungkap Direktur The Republic Institute, Fatkhul Mujib saat dikonfiirmasi di Surabaya, Rabu (14/03).

Fatkhul Mujib mengatakan suara pemilih tidak berbanding lurus antara pemilih partai pengusung dengan pilihan cagubnya. Misalnya PKB justru lebih banyak menentukan suaranya ke pasangan nomor urut satu, Khofifah–Emil Dardak, yaitu antara 66,3 persen berbanding 31 persen yang mendukung pasangan nomor dua.

Adapun Nasdem sebagai pengusung nomor urut satu justru pemilihnya lebih banyak mendukung cagub Gus Ipul–Puti.

“Partai Demokrat masih cenderung solid pada calon yang diusungnya, yakni Khofifah-Emil, mungkin karena ada Pakde Karwo effect,” terang Mujib. (Setya/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close