Dukungan Demokrat Solid, Khofifah-Emil Unggul 1,1 Persen dari Gus Ipul-Puti

0
227
Pilgub Jatim 2018
Soekarwo (Pakde Karwo) mengantar pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak ke KPU, Rabu (10/1/2018). (foto:Setya/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Lembaga survey The Republic Institute menilai saat ini elektabilitas pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, unggul tipis 1,1 persen atas pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Hal tersebut terlihat dari hasil survei The Republic Institute di 38 Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Timur, pada 15-25 Februari 2018.

Dari sisi popularitas Khofifah juga lebih unggus dari Gus Ipul, 95,9 persen berbanding 94,3 persen. Hal yang sama terjadi untuk pasangan calon Wakil Gubernur, dimana Emil Dardak unggul di 62,8 persen, sementara Puti Guntut tertinggal tipis di 61,9 persen.

Loading...

“Dari aspek elektabilitas (keterpilihan) untuk calon Gubernur, pasangan Khofifah–Emil Dardak juga unggul tipis selisih 1,1 persen. Pasangan Khofifah-Emil mendapatkan suara sebesar 48,7 persen, sedangkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur 47,6 persen. Yang masih belum menentukan sebesar 3,7 persen,“ ungkap Direktur The Republic Institute, Fatkhul Mujib saat dikonfiirmasi di Surabaya, Rabu (14/03).

Fatkhul Mujib mengatakan suara pemilih tidak berbanding lurus antara pemilih partai pengusung dengan pilihan cagubnya. Misalnya PKB justru lebih banyak menentukan suaranya ke pasangan nomor urut satu, Khofifah–Emil Dardak, yaitu antara 66,3 persen berbanding 31 persen yang mendukung pasangan nomor dua.

Adapun Nasdem sebagai pengusung nomor urut satu justru pemilihnya lebih banyak mendukung cagub Gus Ipul–Puti.

“Partai Demokrat masih cenderung solid pada calon yang diusungnya, yakni Khofifah-Emil, mungkin karena ada Pakde Karwo effect,” terang Mujib. (Setya/Hrn)

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU