close

Serangan Suriah Berdampak 120 Ribu Orang Terusir dari Rumah

LEBANON, SERUJI.CO.ID – Lebih dari 120.000 warga sipil telah terusir dari rumah mereka akibat serangan militer Suriah di bagian barat-daya negeri itu sejak serangan dilancarkan pada pekan lalu, demikian peringatan kelompok pemantau perang, Jumat (29/6).

Sementara itu seorang pejabat senior PBB memperingatkan mengenai bencana saat sebab warga sipil tersebut terjebak di antara pihak yang berperang.

Pasukan pemerintah dan sekutu mereka tampak membuat kemajuan besar di Provinsi Deraa di Suriah Timur, tempat media negara melaporkan mereka berpawai di beberapa kota kecil. Seorang petinggi gerilyawan mengatakan garis depan oposisi telah ambruk.

Serangan dukungan Rusia tersebut telah menewaskan tak kurang dari 98 warga sipil, termasuk 19 anak kecil, sejak 19 Juni, kata Observatorium Suriah bagi Hak Asasi Manusia.


Serangan itu juga telah membuat puluhan ribu orang terusir ke arah perbatasan dengan Jordania dan ribuan orang lagi mengungsi ke perbatasan dengan Dataran Tinggi Golan, yang diduduki Israel, kata kelompok pemantau yang berpusat di Inggris tersebut.

Israel dan Jordania yang sudah menampung 650.000 pengungsi Suriah menyatakan mereka takkan mengizinkan pengungsi datang lagi.

“Kami dibiarkan menghadapi pemboman, bom barel, (serangan udara oleh) Rusia dan pesawat tempur Suriah,” kata Abu Khaled Al-Hariri (36). Ia menyelamatkan diri dari Kota Kecil Al-harak menuju perbatasan Dataran Tinggi Golan bersama istri dan lima anaknya.

“Kami menunggu bantuan Tuhan. Kami memerlukan tenda, selimut, kasur dan bantuan buat anak-anak kami untuk makan dan minum,” katanya.

Komisariat Tinggi PBB Urusan Hak Asasi Manusia Zeid Ra’ad Al-Hussein mengatakan ada resiko besar karena banyak warga sipil terjebak di antara pasukan pemerintah, kelompok gerilyawan IS yang memiliki kubu kecil di sana, yang akibatnya akan berupa bencana.

“Keprihatinan sesungguhnya ialah kita akan menyaksikan terulangnya apa yang kita saksikan di Ghouta Timur pertumpahan darah, penderitaan, warga sipil ditahan, di bawah pengepungan,” kata wanita Juru Bicara Hak Asasi manusia PBB Liz Throssell.

Pasukan Pemerintah Suriah, yang didukung oleh kekuatan udara Rusia, telah mengubah pusat serangan ke bagian barat-daya negeri itu, yang dikuasai gerilyawan, sejak merebut kembali sisa daerah kantung terakhir yang terkepung, termasuk Ghouta Timur, di dekat Ibu Kota Suriah, Damaskus. Serangan itu sejauh ini ditujukan ke Deraa, bukan bagian Provinsi Quneitra, yang berdekatan dan dikuasai gerilyawan di perbatasan Dataran Tinggi Golan, yang lebih sensitif buat Israel.

Aksi tersebut telah mengguncang kesepakatan penurunan ketegangan yang dirundingkan oleh Amerika Serikat, Rusia dan Jordania dan kebanyakan telah mengekang pertempuran di bagian barat-daya Suriah sejak tahun lalu. (Ant/Su02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Hormati Keputusan MK Memajukan Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menghormati...

Keputusan Sengketa Pilpres Dipercepat Pada Tanggal 27 Juni

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama...

PPDB Zonasi di Jakarta Akan Dilakukan Penyesuaian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan...

Hindari Sinar-X, Sabu-Sabu Diselundupkan di Dalam Jok Mobil

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyelundup 15 kilogram (kg) sabu-sabu yang...

Bawaslu Kudus Persiapkan Data Untuk Hadapi Gugatan di MK

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus,...

Sikap Politik PAN Akan Dirujuk Dari Putusan MK

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sekjen PAN, Eddy Soeparno menyatakan putusan...

TERPOPULER