Antar Bantuan untuk Muslim Rohingya, Hercules Diizinkan Mendarat di Bangladesh

1
98
Hercules TNI
Pesawat Hercules TNI angkut bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Muslim Rohingya. (Foto: Istimewa)

BANDA ACEH – Pesawat Hercules C130 TNI AU mendapatkan izin mendarat di Bandara Chittagong pada pukul 17.00 waktu setempat untuk mengantarkan bantuan kemanusiaan bagi pengungsi Muslim Rohingya di Bangladesh.

Menurut keterangan Komandan Satgas Civic Mission TNI AU Marsma TNI Nanang Santoso di Banda Aceh, Kamis pagi (14/9), pihaknya baru mendapatkan “landing slot” dari pemerintah Bangladesh bagi dua pesawat pengirim bantuan.

Dua pesawat yang akan berangkat, yaitu bernomor registrasi A1326 yang diberikan waktu mendarat pada pukul 17.00 dan pesawat kedua A1319 dengan waktu mendarat pada pukul 19.00 waktu setempat.

Jeda waktu antara Waktu Indonesia Barat dengan Bangladesh adalah 1 jam lebih cepat.

Dengan waktu tempuh yang dibutuhkan antara Aceh dengan Chittagong selama 4 jam, maka rencananya Hercules pertama akan terbang pada pukul 14.00 WIB.

Sementara itu, dua pesawat Hercules lainnya, A1335 dan A1316, terus bersiap di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh, menunggu izin mendarat dari pemerintah Bangladesh.

Seluruh barang bantuan kemanusiaan dari pemerintah RI disimpan di dalam pesawat yang diparkir di Lanud Sultan Iskandar Muda.

Tim Satgas Civic Mission Indonesia akan menyampaikan bantuan itu kepada Dubes RI untuk Bangladesh Rina Soemarno yang akan meneruskannya kepada pemerintah Bangladesh untuk didistribusikan kepada pengungsi Rohingya.

TNI AU mengoperasikan empat pesawat Hercules C130 untuk membantu pengiriman bantuan kemanusiaan dari pemerintah dan rakyat Indonesia kepada warga Rohingya di Kota Cox’s Bazar. (Ant/SU02)

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

Rayakan Keberkahan Bulan Mulia dengan Buka Bersama 2500 Yatim

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 2500 anak yatim mengikuti buka bersama yang diselenggarakan Bank BJB dan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Rabu (23/5). Program tersebut...
Uang Rupiah

Rupiah Terus Melemah, Pemerintah Janji Akan Atasi

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mengatasi pelemahan rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). "Pemerintah bersama-sama Bank Indonesia akan...

Desa di Lereng Merapi Cek Kesiapan Barak Pengungsian

SLEMAN, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengecek kesiapan dan kelengkapan barak pengungsian yang ada di komplek Balai Desa...
bus

Bengkulu Mulai Uji Kelaikan Angkutan Lebaran

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu mulai menggelar uji kelaikan kendaraan umum angkutan Lebaran 2018. Kepala Unit Pelaksana...

Menkeu: Utang Luar Negeri Indonesia Terus Turun

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan utang Indonesia terus mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun. "Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan,...