Dewan Syariah akan Berstrandar dan Tersentralisasi

JAKARTA – Sebuah badan global untuk keuangan syariah telah mengeluarkan standar rancangan untuk dewan-dewan syariah yang tersentralisasi. Rancangan ini bertujuan untuk meningkatkan tata kelola perusahaan dalam industri ini dan meningkatkan daya tarik konsumen terhadap produk-produk keuangan syariah.

Rancangan tersebut muncul di saat bank-bank syariah mencoba memperluas daya tarik mereka kepada para konsumen di pasar-pasar utama di Timur Tengah dan Asia Tenggara, sambil membuka pasar-pasar baru, terutama di Afrika.

Selama ini Malaysia, Indonesia, dan Pakistan telah melakukan sentralisasi dewan syariah namun cara beroperasinya masih beragam.

Organisasi Akuntansi dan Audit untuk Institusi-institusi Keuangan Syariah (AAOIFI) sedang mencari masukan dari industri terhadap rancangan itu sampai akhir bulan, sebelum memberlakukan versi final mulai Januari 2018.

AAOIFI yang berbasis di Bahrain mengatakan, standar itu akan mendorong konvergensi praktik-praktik industri dengan menhindari aturan-aturan yang saling mengkontradiksi dan menumbuhkan konsistensi di seluruh produk dan layanan.

Bank-bank Islam secara tradisional telah membentuk dewan syariah internal, merekrut cendekiawan untuk menentukan apakah produk-produk mereka mematuhi aturan agama.

Pengaturan sendiri itu terbukti berguna dalam tahun-tahun awal dalam industri ini, tapi pembentukan dewan-dewan syariah independen di tingkat nasional untuk mendorong transaksi-transaksi homogen yang strukturnya murah dan cepat semakin menarik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER