Pagi Ini IHSG Melemah 8,34 poin

Jakarta – Tekanan yang dialami bursa saham di kawasan Asia mulai terasa dampaknya pagi ini, Selasa (7/2), saat Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) di buka melemah sebesar 8,34 poin.

IHSG turun 8,34 poin atau turun sebesar 0,15 persen dari 5.393,73 menjadi 5.387,64 poin. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak menguat 2,09 poin (0,23 persen) menjadi 897,38 poin.

“Bursa saham di kawasan Asia berada dalam tekanan, sentimen itu menjadi salah satu faktor yang menahan laju IHSG,” kata Vice President Research and Analysis Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere di Jakarta, Selasa (7/2).

Kebijakan Presiden Amerika Serikat mengenai larangan perjalanan bagi tujuh negara muslim masih menjadi kekhawatiran pelaku pasar. “Kebijakan itu banyak menuai protes oleh sejumlah negara,” jelasnya.

Namun, ia mengharapkan bahwa sentimen dari data ekonomi domestik yang relatif cukup kondusif dapat menahan tekanan IHSG lebih dalam. Laju ekonomi Indonesia tahun 2016 mencapai 5,02 persen, beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan itu yakni meningkatnya harga komoditas.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menambahkan bahwa pelaku pasar asing yang masih melakukan aksi beli serta nilai tukar rupiah yang kembali terapresiasi terhadap dolar AS diharapkan dapat menjaga fluktuasi IHSG agar tidak tertekan lebih dalam.

“Namun, pelaku pasar diharapkan tetap waspada jika sentimen yang muncul selanjutnya direspon negatif,” katanya.

Bursa regional, di antaranya indeks Hang Seng menguat 0,06 poin (0,00 persen) ke level 23.348,30, indeks Nikkei turun 86,00 poin (0,45 persen) ke level 18.890,48, dan Straits Times menguat 10,47 poin (0,33 persen) posisi 3.067,89.

EDITOR: Harun S

Sumber:ANTARA

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Menggugat Kepedulian Mahasiswa Atas Nasib Bangsa

Publik saat ini bertanya-tanya, apakah Mahasiswa Indonesia dan juga Organisasi Mahasiswa terutama yang bersifat eksternal kampus seperti HMI, GMKI, GMNI,PMKRI, PMII, IMM, KAMMI dan berbagai Ormawa lainnya masih ada?

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Makan Dikit, Perut Kok Buncit?