Wali Kota “Berprestasi dan Dicintai” ini, Akhirnya “Diterkam” OTT KPK Juga

Siapa menduga, Wali Kota yang lewat APBD nya mendapatkan penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara ini --Kota dengan Perencanaan Terbaik tahun 2017, ternyata justru diduga melakukan kongkalingkong bagi-bagi "fee 10%" dari proyek yang telah ditetapkan di APBD yang dinilai "Berprestasi" tersebut.

Eddy Rumpoko mendampingi istrinya, Dewanti Rumpoko, yang maju dalam Pilwali Kota Batu Februari 2017.

Mungkin karena itulah Eddy Rumpoko, juga keluarganya, bagitu dihormati warga kota Batu, bahkan bisa jadi sangat “dicintai” warganya.

Ini terbukti dalam pemilihan Wali Kota yang berlangsung pada Februari 2017 lalu, istri Eddy, Dewanti Rumpoko, mendapatkan dukungan warga Kota Batu untuk meneruskan kepemimpinan suaminya, dengan kemenangan cukup telak, dukungan 44,46 persen warga mengalahkan 3 pasangan calon lainnya.

Walau beberapa pihak juga menuding bahwa Eddy Rumpoko “membajak demokrasi” dengan membangun politik dinasti. Dan kemenangan istrinya dalam pilwali yang lalu, diduga berbagai pihak, tidak lepas dari “turun tangannya” Eddy baik sebagai ketua DPC PDIP Kabupaten Malang, maupun memainkan perannya sebagai Wali Kota Batu untuk memuluskan kemenangan istrinya yang berpasangan dengan Punjul Santoso yang merupakan Wakil Wali Kota pasangan Eddy saat ini.

Sisi lain, setelah OTT KPK ini, mulai terungkap kepermukaan betapa “sangat kaya” nya Eddy Rumpoko beserta istrinya selama menjabat Wali Kota Batu sejak tahun 2007. Adalah Malang Corruption Watch (MCW), LSM pemantau korupsi mensinyalir peningkatan kekayaan Eddy dan keluarga berlipat-lipat dibandingkan saat awal menjabat.

“Kalau setiap pengadaan proyek ada fee 10 persen untuk wali kota, maka selama sepuluh tahun kekayaan pasangan itu ada dugaan diperoleh dari praktik korupsi,” kata Koordinator Badan Pekerja MCW Fachrudin di Malang, Ahad (17/9).

Lewat dokumen Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang disampaikan Eddy Rumpoko pada 1 Juni 2015, diketahui total kekayaannya Rp 16.436.612.628 dan USD 181.437. Sementara berdasarkan laporan kekayaan yang dilaporkan istrinya, Dewanti Rumpoko, dalam LHKPN tanggal 31 Agustus 2016 tercatat sebesar Rp 21.174.893.666 dan USD 181.437.

6 KOMENTAR

  1. Pejabat umumnya sudah memiliki apa yang diinginkan, Rumah, mibil, tanah ribuan bahkan hektar, kel, istri ( tercarat maupun blm), satu yang gak dimiliki yaitu
    RASA MALU !!!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Konsultasi Manajemen Bersama SNF Consulting

Anda dapat konsultasikan masalah terkait menajemen dan pengelolaan perusahaan kepada SNF Consulting dengan mengisi form di bawah dengan lengkap.

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Lima Macam Riba Yang Diharamkam