Kapal Pembangkit Listrik Yang Disewa Dari Turki Segera Tiba di Sumut

1
188
Kapal MVPP Turki yang disewa PLN. (foto:istimewa)

MEDAN – Kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) berkapasitas 240 Megawatt yang disewa oleh PLN dari Turki untuk memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera Utara akan segera tiba di Tanah Air.

“MVPP itu direncanakan tiba di Belawan pada 20-21 Mei 2017 karena sudah diberangkatkan dari Turki,” kata Gubernur Sumut HT Erry Nuradi dalam keterangan yang diterima dari Turki, pada hari Sabtu (22/4).

Kapal tersebut sudah diberangkatkan dari Turki, Sabtu (22/4), sehingga diharapkan segera tiba di Tanah Air.

Gubernur Sumut berada di Turki untuk melihat langsung kapal MVPP terbesar di dunia tersebut dan mengikuti acara serah terima di Pelabuhan Turki.

MVPP yang berkapasitas 240 Megawatt (MW) itu diharapkan dapat menutupi defisit listrik yang mencapai 100 MW di Sumut.

Kedatangan kapal pembangkit listrik tersebut akan bersamaan dengan transmisi 275 Kilovolt yang menjadi bagian dari proyek Tol Listrik Sumatera untuk mengevakuasi daya dari Sumatera Bagian Selatan dan Tengah ke Sumatera Bagian Utara sebesar 200 Megawatt. Dengan adanya kapal listrik dan Tol Listrik, diharapkan tidak ada lagi masalah pemadaman yang menjadi kendala di Sumut.

General Manager PLN Pembangkit Sumatera Bagian Utara, Sugiyanto sebelumnya mengatakan MVPP dikontrak Indonesia dari perusahaan Karpowership. Menurut dia, dengan adanya tambahan daya diharapkan cadangan lisrik semakin besar dari dewasa ini yang sekitar 4-5 persen.

Dengan ada pasokan listrik 240 MW dari MVPP setidaknya bisa menambah enam persen sehingga cadangan bisa sebesar 10 persen. Cadangan yang semakin besar, bukan hanya bisa mengurangi byar pet tetapi juga bisa memenuhi permintaan konsumen.

Dengan ketersedian listrik yang memadai diharapkan jumlah investor yang masuk ke Sumut juga semakin banyak dan lebih memajukan daerah ini.

Dia mengakui, selama ini atau dalam 10 tahun, PLN selalu defisit listrik. Defisit terjadi karena beberapa pembangkit baru muncul atau ada lebih lama dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat.

 

EDITOR: Harun S

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Trump Pisahkan Anak dan Orangtua, Menlu Meksiko: Tindakan Tidak Manusiawi

MEKSIKO, SERUJI.CO.ID -  Menteri Luar Negeri Meksiko pada Selasa (19/6) menyebut pemisahan anak-anak dari orang tua pendatang di perbatasan Amerika Serikat-Meksiko kejam dan tidak manusiawi...
Nu dukung Khofifah

Awasi Pencoblosan, Khofifah Tegaskan Akan Maksimalkan Tim Saksi

BLITAR, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan akan memaksimalkan tim saksi, mengawasi pelaksanaan pencoblosan dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2018, yang akan...
Tjahjo Kumolo

Mendagri: Komjen Iriawan Memenuhi Syarat Jadi Pj Gubernur Jabar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan Komjen Pol Iriawan memenuhi persyaratan untuk bertugas sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat menggantikan Aher yang...

Dua Penumpang KM Sinar Bangun Ditemukan Tewas

SAMOSIR, SERUJI.CO.ID - Tim gabungan menemukan dua orang lagi penumpang KM Sinar Bangun, tewas akibat tenggelam di perairan Danau Toba, Tigaras, Kabupaten Simalungun, dan telah...

Polisi Tembak Kaki Empat Napi yang Kabur

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Tim gabungan Kepolisian Daerah Bali beserta jajaran Kepolisian Resor Kota Denpasar menembak kaki masing-masing empat tahanan yang nekat kabur dari rumah tahanan...