Banyak Rumah Warga Rusak Akibat Angin Kencang, Legislator Minta Pemkot Langsa Beri Bantuan

0
62
  • 3
    Shares
Salah satu rumah milik warga di desa Meurandeh Dayah, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa atapnya terbongkar setelah disapu angin kencang, Selasa (7/8/2018). (foto:Syahrial/SERUJI)

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Hujan dan angin kencang yang melanda Kota Langsa dalam dua hari ini menyebabkan beberapa pohon di beberapa ruas jalan tumbang dan menimpa sejumlah rumah warga.

Atas fenomena alam tersebut, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Langsa, Syamsuri meminta Pemerintah Kota Langsa untuk serius dan segera memberikan bantuan terhadap warga yang rumahnya rusak akibat kejadian tersebut.

“Ini fenomena alam yang tidak bisa kita hindari, jadi kita meminta Pemko Langsa dapat segera merespon dan memberikan bantuan kepada masyarakat,” ujar Syamsuri kepada SERUJI di Kota Langsa, Rabu (8/8).

Loading...

Syamsuri meminta Pekot berkoordinasi dengan pemerintah Gampong (desa,red) untuk mendata korban, sehingga data tersebut valid dan bantuan tepat pada sasaran.

“Pemerintah Gampong dalam hal ini Geuchik (kepala desa) agar bisa mendata warganya yang kena musibah, dan dilaporkan kepada Pemko Langsa dalam hal ini BPBD Kota Langsa untuk dikonsultasikan lebih lanjut,” sarannya.

Dijelaskank oleh Syamsuri, merujuk pada pasal 33 ayat (1) huruf d Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 113 tahun 2014, Pemerintah wajib menyediakan alokasikan dana untuk bantuan akibat terjadinya peristiwa khusus, seperti bencana alam, krisis politik, ekonomi atau kerusuhan sosial yang berkepanjangan.

“Pengadaan barang dan/atau jasa di Desa diatur dengan peraturan Bupati/Walikota, jika terjadi bencana alam, krisis politik, ekonomi atau kerusuhan sosial yang berkepanjangan, pemerintah wajib memberikan bantuan,” ujarnya.

Syamsuri, Amk, anggota DPRK Langsa.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap cuaca ektstrim yang kerap melanda Kota Langsa belakangan ini.

“Bagi masyarakat yang tertimpa musibah kami turut mendoakan, semoga diberi kesabaran atas ujian dari Allah SWT,” tukasnya.

Kota Langsa dalam dua hari ini terus diterpa hujan dan angin kencang di waktu sore. Dampak dari kejadian alam tersebut mengakibatkan sejumlah pohon roboh, rumah warga rusak, lampu penerang jalan umum patah dan beberapa baliho juga patah. (Syahrial/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU