Surabaya Raih Anugerah Kota Terbaik Dalam Yokatta Wonderful Indonesia

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kota Surabaya, Jawa Timur, meraih anugerah sebagai kota terbaik versi Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018.

“Surabaya dengan ukuran dan pertumbuhan di atas 40 persen,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta, Sabtu (21/7).

Penganugerahan dilaksanakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jumat (20/07) malam.

Surabaya berhasil mengalahkan Kota Denpasar (Bali) di posisi kedua dan Bandung (Jawa Barat) di posisi ketiga dari 34 kabupaten/kota di Indonesia.

Ketua Dewan Juri Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018 Didien Junaedi mengatakan, ada 4 indikator penilaian yang mendasari pemilihan pemenang dengan bobot yang berbeda.

Pertama, kinerja usaha pariwisata (akomodasi dan makan minum), PDRB dan tenaga kerja, dampak/outcome, serta data statistik BPS dengan bobot 40 persen.

Kedua, Indeks Pariwisata Indonesia yaitu daya saing 30 persen. Ketiga, Indonesia’s Attractiveness Award meliputi dimensi pariwisata 15 persen. Keempat, Penghargaan Internasional dan Nasional (Kementerian/Lembaga) 15 persen.

“Dari indikator penilaian itu, terdapat 34 kabupaten/kota terbaik di bidang pariwisata di Indonesia. Dan dari jumlah tersebut dipilih top-10 kota terbaik, top-10 kabupaten terbaik, dan top-1 dari masing-masing provinsi di Indonesia dengan ‘best of the best’-nya jatuh ke Provinsi Jawa Timur dengan Kota Surabaya dengan nilai 7,36,” kata Didien.

Menpar Arief mengatakan, keberhasilan suatu daerah menjadi destinasi wisata itu terletak karena unsur 3A (Atraksi, Aksestabilitas dan Amenitas).

Namun yang paling penting adalah komitmen pemerintah daerah untuk mengembangkan pariwisata.

“Yang lebih penting dari 3A adalah CEO Commitment atau komitmen kepala daerah. Karena kalau CEO nya tidak komitmen, hal itu tidak akan tercapai. Pariwisata itu paling mudah dan murah, sayang sekali jika rekan-rekan tidak memanfaatkanya,” kata Menpar Arief di depan kepala daerah dari 34 Provinsi dan Kabupaten atau Kota di Indonesia.

Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 merupakan bentuk penghargaan kepada Kabupaten atau Kota yang memiliki komitmen, performansi, inovasi, kreasi dan leadership dalam membangun pariwisata daerah.

Award ini merupakan apresiasi bagi Pemerintah Daerah memiliki peran yang sangat besar untuk mengembangkan pariwisata daerah.

Pada Penganugerahan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018, ditetapkan 10 Kabupaten terbaik, yaitu Kabupaten Badung, Kabupaten Sleman, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Bandung.

Sementara itu untuk 10 Kota terbaik ditempati oleh Kota Surabaya, Kota Denpasar, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Batam, Kota Yogyakarta, Kota Padang, Kota Makassar, Kota Balikpapan, dan Kota Palembang. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER