Selama Musim Hujan, Stok Garam di Probolinggo Aman

PROBOLINGGO, SERUJI.CO.ID – Ketua Himpunan Mayarakat Petambak Garam (HMPG) Kabupaten Probolinggo Buhar mengatakan stok garam di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur dipastikan aman selama musim hujan di wilayah setempat.

“Stok garam di Kabupaten Probolinggo aman hingga musim kemarau nanti karena banyak stok garam yang disimpan petani di gudang,” katanya di Kabupaten Probolinggo, Selasa (27/2).

Menurutnya stok garam di gudangnya sebanyak 150 ton, kemudian stok garam di Kecamatan Gending sekitar 350 ton dan ditambah stok dari kecamatan lain yang juga sentra penghasil garam di Probolinggo.

“Saya juga mengimbau kepada petani garam, agar memprioritaskan penjualan garam di wilayah lokal, sehingga Kabupaten Probolinggo tidak sampai mengalami kelangkaan garam,” tuturnya.

Selama musim hujan, lanjut dia, banyak petani garam yang kesulitan berproduksi dan di sisi lain stok garam di gudang penyimpanan rawan diterjang banjir karena tingginya curah hujan di Kabupaten Probolinggo.

“Hujan deras di Probolinggo sejak pekan lalu menimbulkan banjir di beberapa wilayah, termasuk di desa saya yakni Desa Pajurangan dan desa lain, terutama di Kecamatan Dringu dan Gending,” katanya.

Kendati demikian, lanjut dia, pihaknya sudah mengantisipasi datangnya banjir tersebut dengan meninggikan pondasi gudang penyimpanan garam dan hal itu juga dilakukan petani garam lainnya di Kabupaten Probolinggo.

“Biasanya peninggian pondasi itu dilakukan tahun lalu saat musim kemarau, sehingga ketika banjir menerjang di musim hujan, maka petani bisa lebih tenang. Pondasi gudang rata-rata memiliki tinggi 1 meter di atas permukaan tanah,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut dia, banjir genangan yang terjadi maksimal setinggi 70 cm di kawasan gudang, sehingga stok garam yang disimpan di gudang masih aman dan pihaknya sudah menyosialisasikan kepada petani garam terkait hal tersebut.

Sementara itu, produksi garam di Kabupaten Probolinggo dilakukan di tambak seluas 315,3 hektare yang tersebar di 11 desa yang berada di empat Kecamatan dan kebutuhan garam konsumsi di tingkat lokal sebesar 3.100 ton, kemudian untuk usaha perikanan pengasinan dan lain-lain sebanyak 2.149 ton per tahun.

“Garam juga dibutuhkan oleh peternak di Probolinggo dengan kebutuhan 600 ton garam per tahun,” kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Wahid Noor Aziz.

Sisa produksinya, lanjut dia, biasanya dikirim ke luar daerah di area Tapal Kuda, Jawa Tengah dan Provinsi Bali karena Probolinggo merupakan daerah sentra garam.

“Kami memasok garam untuk Situbondo, Bondowoso, Jember, Banyuwangi, hingga Bali. Tahun ini juga akan sama dan kelebihan produksi dijual ke luar daerah,” tuturnya. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER