Plt Bupati Trenggalek Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua KNPI Jatim

TRENGGALEK, SERUJI.CO.ID – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Timur.

“Mas Ipin (panggilan M Nur Arifin) terpilih aklamasi setelah satu calon lain mengundurkan diri,” kata Ketua pimpinan sidang Musyawarah Daerah (Musda) XII KNPI di Hotel Jaas, Trenggalek Agung Nugroho, Akhmad Nurhuda di Trenggalek, Rabu (11/4).

Musda KNPI Jatim itu disebut berlangsung dramatis setelah Ketua DPD KNPI Lamongan Debby Kurniawan mengundurkan dari pencalonan.

Dalam proses persidangan, peserta musda kemudian bersepakat untuk memilih M Nur Arifin sebagai Ketua KNPI Jatim terpilih periode 2018-2021.

Pimpinan sidang yang terdiri dari Agung Nugroho, Akhmad Nurhuda, Verry Akhmad dan Deyisnil Fariyadi mengetok palu sidang. Selanjutnya ketua terpilih bersama tim formatur menentukan posisi sekretaris umum (sekum) DPD KNPI Jawa Timur.

“Ini merupakan amanah untuk memegang tampuk kepemimpinan KNPI Jatim ke depan,” kata M Nur Arifin memberikan sambutan di akhir musda.

Ia juga memastikan, ke depan roda organisasi di KNPI dapat berjalan dengan baik.

“Minimal saya memastikan roda organisasi dapat berjalan lancar dan tidak ada ketelatan-ketelatan di organisasi. Selain itu, teman-teman di DPD II juga dipastikan dengan semangat gotong royong membangun organisasi,” katanya.

Tak hanya itu, dalam menjalankan roda organisasi, ia juga akan banyak meminta masukkan dari para senior terkait bagaimana dan menata KNPI untuk tiga tahun ke depan.

Ketika ditanya, apakah akan mengganggu rutinitas di Pemerintahan ketika memegang jabatan sebagai Ketua KNPI Trenggalek. Mantan Vokalis Marsmellow Band ini mengaku justru akan memudahkan konsolidasi. Sebab, lanjut dia, struktur KNPI berada di daerah.

“Tinggal bagaimana melakukan manajemennya” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP KNPI Muhammad Rifa’i Darius mengatakan terpilihnya Arifin ini merupakan sejarah baru bagi KNPI Jatim yang dipimpin dari jalur kultural. Arifin sendiri merupakan pengurus GP Ansor Jawa Timur.

“Pesan saya kepada Bung Arifin, lakukan koordinasi dan konsolidasi organisasi. DPP memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap hasil Musda ini karena melahirkan semangat kepemimpinan anak muda,” katanya.

Darius juga menyebut sempat beredar wacana bahwa KNPI Jatim akan dinahkodai oleh NU dan Muhammadiyah dalam posisi Sekretaris Umum (Sekum).

Menurutnya, ini adalah aspirasi yang cukup bagus. Namun, keputusan itu akan ditentukan oleh tim formatur yang telah dibentuk.

“Saya tentu bersyukur jika aspirasi ini disambut baik untuk kepemimpinan ke depan,” ujarnya.

Musda KNPI Jatim sempat diwarnai dinamika internal. Salah satunya diwarnai dengan boikot sejumlah OKP dan bahkan beredar akan ada musda tandingan.

Darius menanggapi, kondisi ini adalah bagian dari dinamika organisasi.

“Ini bagian dari dinamika organisasi anak muda. Namun, demikian alhamdulilah Musda di Trenggalek berjalan lancar dengan hasil yang bagus. Musda ini juga dihadiri sejumlah pengurus dari DPP KNPI mulai dari Ketua Umum, Sekretaris Umum hingga Bendahara Umum,” kata Darius. (Ant/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Inilah Tanda Bayi Terkena Penyakit Demam Berdarah

Kenali Demam Berdarah, waspada terhadap anak anda

Kemcer Di Curug Cipeteuy