Pasar Tradisional Pronojiwo Lumajang Terbakar, 56 Ruko Ludes

LUMAJANG, SERUJI.CO.ID –┬áPasar tradisional Kalibening Pronojiwo, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terbakar, Senin (5/11) malam.

Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang mendapat laporan pukul 18.25 WIB.

“Setelah mendapatkan laporan, langsung berkoordinasi dengan pemadam kebakaran untuk menuju lokasi karena pemadaman awal dilakukan oleh masayarakat sekitar dengan alat dan bahan seadanya,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Siswoyo, di Lumajang.

Berdasarkan keterangan warga yang berada di sekitar pasar, awalnya tercium bau kertas terbakar kemudian warga melihat asap dan api di dalam salah satu ruko sudah menyala hingga membesar, sehingga warga berteriak-teriak minta tolong karena ada kebakaran.

Berdasarkan data BPBD Lumajang, tercatat jumlah ruko yang terbakar sebanyak 56 ruko di bagian depan dan enam ruko di bagian belakang. Total kerugian akibat kebakaran tersebut masih dihitung.

“Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.00 WIB dengan menggunakan dua damkar milik Kabupaten Lumajang dan Musikatama, serta dibantu dengan satu droping air tangki BPBD Lumajang bersama-sama warga sekitar dan aparat terkait bergotong-royong memadamkan api,” pungkasnya. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

GOLPUT: Halal Versus Haram, dan Gerakan Ayo Memilih

Di tahun 2019, kita mencatat ikhtiar gerakan anti Golput yang unik di Indonesia. Promotornya Jeune and Raccord Communication. Tiga anak muda memulai gerakan ini: Monica JR, Riries Puri, Arie Prijono.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Ghazwul Fikri dan Media

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.