Maksimalkan Pengelolaan Sampah, Pemprov Jatim Siapkan Perda

0
111
  • 2
    Shares
Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup Jatim Dyah Susilowati. (foto:Setya/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Propinsi Jatim tahun ini akan segera memiliki peraturan daerah (perda) tentang sampah. Perda ini rencananya akan mengatur keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Jatim yang selama ini belum maksimal pengelolaannya.

Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jatim Dyah Susilowati mengatakan, dari data yang ada di Jatim hanya ada 47 TPA yang tersebar di seluruh Jatim.

“Tentunya perlu ada pengelolaan yang baik terhadap sampah-sampah di TPA tersebut. Terlebih adanya TPA yang lintas antar kota yang kurang menjadi perhatian,” jelasnya saat ditemui di kantornya, Jumat (26/1).

Loading...

Dyah Susilowati mengatakan perda sampah ini diharapkan bisa menjadi dasar hukum dari Pemprov untuk melahirkan tempat pengelolaan sampah regional yang dikelola Pemprov.

“Nantinya akan didirikan pengelolaan sampah di daerah Mojokerto yang dikelola Pemprov,” terangnya.

Tak hanya itu, kata Dyah Susilowati, perda tersebut juga nantinya akan menjadi acuan untuk mengatur tata kelola sampah di Jatim.

”Bisa jadi pijakan bagi kabupaten/kota untuk mengatur sampah di wilayahnya. Sekarang ini masih digodok,” jelasnya.

Sementara itu, wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim, Hammy Wahyunianto mengatakan pihaknya mendukung rencana Jatim untuk membuat perda sampah tersebut.

”Selama ini untuk pengelolaan sampah di daerah amburadul. Kami berharap perda sampah ini bisa jadi pijakan daerah untuk pengelolaan sampah yang dimilikinya,” kata politikus PKS ini.

Tak hanya itu, kata Hammy, dengan perda ini nantinya Pemprov bisa dengan sendirinya membuat TPA untuk pengelolaan, khususnya untuk TPA yang lintas daerah.

”Nanti akan muncul TPA regional yang khusus dikelola oleh Pemprov,” pungkasnya. (Setya/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU