Maksimalkan Pengelolaan Sampah, Pemprov Jatim Siapkan Perda

0
88
Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup Jatim Dyah Susilowati. (foto:Setya/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Propinsi Jatim tahun ini akan segera memiliki peraturan daerah (perda) tentang sampah. Perda ini rencananya akan mengatur keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Jatim yang selama ini belum maksimal pengelolaannya.

Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jatim Dyah Susilowati mengatakan, dari data yang ada di Jatim hanya ada 47 TPA yang tersebar di seluruh Jatim.

“Tentunya perlu ada pengelolaan yang baik terhadap sampah-sampah di TPA tersebut. Terlebih adanya TPA yang lintas antar kota yang kurang menjadi perhatian,” jelasnya saat ditemui di kantornya, Jumat (26/1).

Dyah Susilowati mengatakan perda sampah ini diharapkan bisa menjadi dasar hukum dari Pemprov untuk melahirkan tempat pengelolaan sampah regional yang dikelola Pemprov.

“Nantinya akan didirikan pengelolaan sampah di daerah Mojokerto yang dikelola Pemprov,” terangnya.

Tak hanya itu, kata Dyah Susilowati, perda tersebut juga nantinya akan menjadi acuan untuk mengatur tata kelola sampah di Jatim.

”Bisa jadi pijakan bagi kabupaten/kota untuk mengatur sampah di wilayahnya. Sekarang ini masih digodok,” jelasnya.

Sementara itu, wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim, Hammy Wahyunianto mengatakan pihaknya mendukung rencana Jatim untuk membuat perda sampah tersebut.

”Selama ini untuk pengelolaan sampah di daerah amburadul. Kami berharap perda sampah ini bisa jadi pijakan daerah untuk pengelolaan sampah yang dimilikinya,” kata politikus PKS ini.

Tak hanya itu, kata Hammy, dengan perda ini nantinya Pemprov bisa dengan sendirinya membuat TPA untuk pengelolaan, khususnya untuk TPA yang lintas daerah.

”Nanti akan muncul TPA regional yang khusus dikelola oleh Pemprov,” pungkasnya. (Setya/SU05)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...