KPU Jatim Periksa Validitas Data Pemilih Pilkada

PAMEKASAN, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur melakukan pemeriksaan terhadap validitas data calon pemilih untuk pelaksanaan Pilkada 2018, guna memastikan sistem entri data yang dilakukan penyelenggara pemilu di Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura.

“Komisioner KPU Jatim Divisi Keuangan dan Logistik Dewita Hayu Shinta yang datang secara langsung memeriksa kinerja kami, dan meminta agar pendataannya dilakukan dengan tepat,” ujar Komisioner KPU Kabupaten Pamekasan Moh Subhan di Pamekasan, Selasa (17/4).

Ia menjelaskan, Dewita melakukan pengecekan satu persatu data calon pemilih di masing-masing kecamatan, guna memastikan apakah data itu sudah benar atau tidak.

“Ia juga mengecek secara langsung hasil perbaikan data calon pemilih dalam DPS sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap,” katanya, menjelaskan.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Pamekasan telah menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih sementara pilkada Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan 2018, hasil pencocokan dan penelitian yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih.

Data DPS yang diplenokan tersebut didasarkan pada hasil pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) di Pamekasan.

Pihak KPU Pamekasan melibatkan sebanyak 1.574 orang petugas data, sesuai dengan tempat pemungutan suara (TPS). Masing-masing petugas melakukan pencocokan dan penelitian calon pemilih di satu TPS.

Dari hasil coklit oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) Kabupaten Pamekasan itu, tercatat sebanyak 762.630 orang dilakukan coklit, dan dari jumlah itu sebanyak 516.113 orang dinyatakan cocok dengan hasil pencocokan dan penelitian yang dilakukan petugas, dan sebanyak 119.054 orang mengalami perubahan data.

Sementara calon pemilih baru tercatat sebanyak 54.792 orang dan pemilih TMS (Tidak Memenuhi Syarat) sebanyak 72.671 orang. Sedangkan jumlah pemilih yang tidak memiliki KTP elektronik sebanyak 33.093 orang.

Selanjutnya, pihak KPU Pamekasan menetapkan hasil coklit tersebut menjadi daftar pemilih sementara (DPS) melalui rapat pleno terbuka. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.