Kapolda Jatim Pantau Arus Balik Lebaran

NGAWI, SERUJI.CO.ID – Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin meninjau arus lalu lintas di jalan tol Solo-Ngawi ruas Ngawi-Sragen sebagai bagian dari pantauan arus balik lewat udara dan darat di sepanjang jalur mudik di Provinsi Jawa Timur, Senin (18/6).

Salah satu titik yang ditinjau adalah ‘Rest Area’ 575 jalan tol Solo-Ngawi di Di Desa Ngale, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda menyatakan secara umum arus balik di Jawa Timur terpantau cukup lancar. Meski demikian, terdapat laporan dari pihak terkait, tentang adanya antrean panjang kendaraan di sejumlah gerbang tol.

“Dari hasil investigasi, antrean tersebut disebabkan karena lambatnya sistem alat pembayaran sehingga membutuhkan waktu untuk mengakses masuk tol,” ujar Irjen Pol Machfud Arifin kepada wartawan di Ngawi.

Untuk itu, saat ini instansi terkait masih mencari solusi terbaik agar kondisi tersebut tidak menimbulkan kemacetan parah saat puncak arus balik lebaran yang diprediksi akan terjadi pada tanggal 19 dan 20 Juni 2018.

Sebagai solusi lain, Polda Jatim tidak akan ragu memberlakukaan diskresi, yang salah satunya menggratiskan biaya masuk jalan tol dengan syarat telah terjadi kemacetan lebih dari 3 kilometer.

“Kalau sudah macet lebih dari 3 kilo di pintu masuk tol akibat lambatnya alat akses tersebut, maka diskresi Dirlantas untuk bisa gratis. Tentunya dengan berkoordinasi dengan pihak pengelola tol. Itu sudah kebijakan dari Kemenhub,” kata dia.

Terkait hal tersebut, ia menilai antrean kendaraan masuk di sejumlah gerbang tol di Jatim masih relatif lancar. Kalaupun terjadi kemacetan masih di kisaran satu kilometer.

Untuk itu, jajarannya dibantu dengan instansi terkait terus melakukan pemantauan agar pelaksanaan arus balik di wilayah Jawa Timur berjalan lancar.

Sementara, kondisi arus balik di jalan tol Solo-Ngawi ruas Ngawi-Sragen yang dioperasikan fungsional selama masa angkutan Lebaran 2018, terpantau ramai lancar.

Arus lalu lintas didominasi dari arah Jawa Timur menuju Jawa Tengah. Pada titik Gerbang Tol Ngawi terdapat antrean kendaraan untuk masuk jalan tol, namun hal tersebut masih dianggap normal karena panjang antrean belum mencapai 3 kilometer. (Ant/Su02)

ARTIKEL TERBARU

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close