Harga Telur Ayam di Madiun Masih Tinggi

MADIUN, SERUJI.CO.ID – Harga komoditas telur ayam ras di pasar tradisional Kota Madiun, Jawa Timur pada momentum bulan Ramadhan dan Lebaran tahun 2018 terpantau masih tinggi yakni di kisaran Rp24.000 hingga Rp25.000 per kilogram.

“Harga telur terus naik sejak beberapa pekan menjelang puasa. Sebelumnya masih Rp19.000 hingga Rp20.000 per kilogram, sekarang sudah tembus Rp25.000 per kilogram,” ujar seorang pedagang di Pasar Besar Madiun Kasmi, Sabtu (12/5).

Menurut dia, kenaikan harga tersebut disebabkan karena permintaan konsumen yang cukup tinggi menjelang bulan puasa.

“Meski harga tinggi permintaan tetap banyak. Menjelang bulan puasa dan lebaran banyak yang membuat roti maupun selamatan,” kata dia.

Selain telur ayam, kenaikan harga juga terjadi pada daging ayam broiler. Pedagang daging ayam, Purwati mengungkapkan, harga daging ayam saat ini mencapai Rp33.000 per kilogram. Harga tersebut naik dari sebelumnya di kisaran Rp29.000 hingga Rp32.000 per kilogram.

“Sama seperti telur, permintaan daging ayam juga tinggi saat bulan puasa hingga lebaran nanti. Akibatnya harga mulai naik,” kata Purwati.

Pengalaman musim puasa dan lebaran tahun lalu, harga ayam potong atau broiler bisa mencapai Rp36.000 setiap kilogramnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun Gaguk Haryono membenarkan jika harga telur ayam ras dan daging ayam broiler sedang naik.

“Hal itu disebabkan karena permintaan sedang tinggi. Itu merupakan rutinitas tahunan jelang puasa dan lebaran,” kata Gaguk.

Terlebih, pola pengambilan telur oleh para pedagang tidak berubah. Yakni bukan dari sentra produksi atau peternak, namun melalui pengepul.

Gaguk menambahkan, meski harga telur dan daging ayam mengalami kenaikan, pihaknya mengklaim secara umum harga kebutuhan pokok lainnya di Kota Madiun, sesuai hasil pemantauan tim satgas pangan, diketahui dalam keadaan stabil.

Ia menyebutkan, sejumlah komoditas yang stabil dan bahkan turun harga di antaranya beras, gula pasir, daging sapi, dan tepung terigu. Sedangkan bahan pangan yang mengalami kenaikan harga di antaranya telur ayam ras, daging ayam broiler, dan bawang merah.

Seperti beras jenis IR 64 Rp9.000 per kilogram, gula pasir mencapai Rp11.500 per kilogram, minyak goreng curah Rp11.000 per kilogram, dan tepung terigu Rp7.500 per kilogram. Demikian juga komoditas daging sapi, stabil di harga Rp110.000 per kilogram untuk kualitas super. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Ternyata Menteri Agama Berasal dari Ormas Islam Yang Sama dengan Ustadz Tengku Zulkarnain

Fachrul Razi tercatat sebagai anggota Majelis Amanah Pusat PB Math'laul Anwar sejak 2018 berdasarkan Surat Keputusan nomor A.166/KPTS/PBMA/V/2018 yang ditandatangani Ketua Umum PB MA, Ahmad Sadeli Karim dan Sekjen Oke Setiadi

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi