Gus Ipul: Jalan Sehat Bersarung Bentuk Cintai Budaya

0
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf.

SURABAYA – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menilai jalan sehat menggunakan sarung merupakan salah satu bentuk masyarakat mencintai budaya asli Indonesia.

“Sarung adalah budaya Indonesia. Kalau bukan kita, siapa yang melestarikannya,” ujar Gus Ipul di sela jalan sehat bershalawat yang digelar Karang Taruna “Kerabat” RW VIII Bulak Banteng Wetan Surabaya, Ahad (17/9).

Kegiatan ini, dikatakannya, bisa menjadi ikon karena tidak semua elemen bisa menyelenggarakan kegiatan serupa sehingga layak mendapat apresiasi.

Menurut dia, jalan sehat ini banyak manfaatnya dan bisa dilakukan dan digelar secara rutin dan berkelanjutan sebagai bentuk cinta terhadap budaya asli Indonesia.

“Jalan sehat sudah pasti sehat, ditambah lagi iringan bacaan shalawat dan kalimat puji-pujian terhadap Allah SWT, bahkan dilakukan dengan menggunakan sarung yang sejatinya memiliki banyak fungsi,” kata Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tersebut.

Sarungan, kata dia, merupakan ciri khas Bangsa Indonesia sehingga tak ada alasan untuk tidak melestarikan tradisi, sekaligus membuatnya sebagai ciri khas Tanah Air, terutama Jawa Timur.

Jalan sehat sarungan seperti ini juga sebagai wujud dan bentuk aspirasi masyarakat dalam menyambut Tahun Baru Islam 1439 Hijriah.

“Tidak hanya tahun baru masehi saja, tapi justru Tahun Baru Islam atau Hijriah ini harus disambut gembira dan suka cita,” kata orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut.

Tak itu saja, Gus Ipul juga mengingatkan masyarakat menjaga kesehatannya dengan cara tiga gemar, yaitu gemar berolahraga, gemar makan buah, sayur dan ikan, serta periksa kesehatan setiap enam bulan sekali.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, turut hadir Wakil Ketua Komisi C DPRD Jatim Buchori Imron, Ketua RW VIII Abdurrachman, lurah dan perangkat Muspika Kecamatan Kenjeran serta ribuan warga Bulak Banteng. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Setya Novanto diperiksa KPK

NasDem Hargai Putusan Golkar Pertahankan Novanto Sebagai Ketua DPR

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR, Irma Suryani Chaniago menghargai keputusan hasil kesepakatan Golkar terkait dengan posisi Setya Novanto. Sebelumnya, Partai Golkar belum...
Penjahat ditangkap

Kembali, Polisi Tangkap Pemilik Akun Sosmed Terduga Penghina Jokowi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri kembali menangkap pelaku penyebar ujaran kebencian dan SARA melalui jejaring sosial Facebook. Kali ini polisi menangkap...
Demo penolakan iklan rokok

Peneliti: Orang Normal Pasti Percaya Bahaya Rokok

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Peneliti Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan (PKEKK) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Prof Hasbullah Thabrany mengatakan orang normal pasti percaya bahaya...

KANAL WARGA TERBARU

KH. Luthfi Bashori

Pilih Mancung atau Pesek?

KH. Luthfi Bashori Seseorang yang berpakaian islami itu menunjukkan imannya MANCUNG di sisi Allah. Sedangkan menanggalkan pakaian islami itu adalah perbuatan orang yang PESEK imannya...
images lpdp

Contoh Essai LPDP: Sukses Terbesar dalam Hidupku

Beasiswa LPDP menjadi pilihan bagi para penuntut ilmu yang ingin melanjutkan pendidikannya pada level Master dan Doktoral, baik di Dalam maupun Luar Negeri. Salah...
penjajah

Bagaimana Sepilis itu Menjajah Indonesia?

Pada saat tertentu, misal sedang tidak ada yang perlu dikerjakan, pikiran saya kadang suka mengembara entah ke mana. Kadang bisa teringat pada kejadian yang...