Gus Ipul: Jalan Sehat Bersarung Bentuk Cintai Budaya

0
11
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf.

SURABAYA – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menilai jalan sehat menggunakan sarung merupakan salah satu bentuk masyarakat mencintai budaya asli Indonesia.

“Sarung adalah budaya Indonesia. Kalau bukan kita, siapa yang melestarikannya,” ujar Gus Ipul di sela jalan sehat bershalawat yang digelar Karang Taruna “Kerabat” RW VIII Bulak Banteng Wetan Surabaya, Ahad (17/9).

Kegiatan ini, dikatakannya, bisa menjadi ikon karena tidak semua elemen bisa menyelenggarakan kegiatan serupa sehingga layak mendapat apresiasi.

Menurut dia, jalan sehat ini banyak manfaatnya dan bisa dilakukan dan digelar secara rutin dan berkelanjutan sebagai bentuk cinta terhadap budaya asli Indonesia.

“Jalan sehat sudah pasti sehat, ditambah lagi iringan bacaan shalawat dan kalimat puji-pujian terhadap Allah SWT, bahkan dilakukan dengan menggunakan sarung yang sejatinya memiliki banyak fungsi,” kata Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tersebut.

Sarungan, kata dia, merupakan ciri khas Bangsa Indonesia sehingga tak ada alasan untuk tidak melestarikan tradisi, sekaligus membuatnya sebagai ciri khas Tanah Air, terutama Jawa Timur.

Jalan sehat sarungan seperti ini juga sebagai wujud dan bentuk aspirasi masyarakat dalam menyambut Tahun Baru Islam 1439 Hijriah.

“Tidak hanya tahun baru masehi saja, tapi justru Tahun Baru Islam atau Hijriah ini harus disambut gembira dan suka cita,” kata orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut.

Tak itu saja, Gus Ipul juga mengingatkan masyarakat menjaga kesehatannya dengan cara tiga gemar, yaitu gemar berolahraga, gemar makan buah, sayur dan ikan, serta periksa kesehatan setiap enam bulan sekali.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, turut hadir Wakil Ketua Komisi C DPRD Jatim Buchori Imron, Ketua RW VIII Abdurrachman, lurah dan perangkat Muspika Kecamatan Kenjeran serta ribuan warga Bulak Banteng. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

trump, kim jong un

Trump Akan Tambah Sanksi untuk Tekan Korea Utara

NEW YORK - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, Kamis (21/9), AS akan mengeluarkan lebih banyak sanksi terhadap Korea Utara. Sementara itu, sekutu-sekutu AS menginginkan...
rumah sakit

Bayi Yang Ditahan Rumah Sakit Karawang Meninggal Dunia

KARAWANG - Bayi laki-laki dari pasangan Ny Heni Sudiar dan Manaf yang sempat ditahan Rumah Sakit Intan Barokah, karena tidak mampu membayar tagihan biaya...

Zulkifli: Umat Islam Potensi Kekuatan Ekonomi Politik

MAGELANG - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan penduduk Indonesia mayoritas Islam merupakan potensi yang sangat besar untuk dikonversi menjadi kekuatan ekonomi dan politik...

Polisi Amankan Pemuda Mengamuk di Liponsos Surabaya

SURABAYA - Kepolisian Sektor (Polsek) Sukolilo Surabaya mengamankan seorang pemuda berusia 28 tahun yang mengamuk di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Sukolilo Surabaya. Kepala Unit Reserse...

Polisi Selidiki Senpi Yang Dititipkan ke Rumah Warga

PEKANBARU - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru, Riau, menyelidiki temuan senjata api (senpi) genggam semiotomatis jenis FN kaliber 9 milimeter yang ditipkan oleh orang tak...

Empat Tersangka Kasus Perkelahian ala ‘Gladiator’ Terancam 15 Tahun Penjara

BOGOR - Empat orang tersangka kasus "gladiator" yang menewaskan seorang siswa SMA Budi Mulya Kota Bogor, Jawa Barat telah ditangkap, keempatnya terancam hukuman 15...