Dinas Lakukan Uji Operasional Jembatan Ratna Surabaya Akhir Maret

0
85
Jembatan Ratna (foto:istimewa)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Dinas Perhubungan Kota Surabaya menyatakan uji operasional Jembatan Ujung Galuh yang sebelumnya dikenal masyarakat sebagai Jembatan Ratna di kawasan Darmo Kali-Ngagel akan dilakukan pada akhir Maret 2018.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajad, di Surabaya, Rabu (7/3), mengatakan bahwa proses pemasangan rekaya lalu lintas serta pendukung untuk rambu marka jalan sudah selesai.

“Tinggal proses pemasangan traffic light dan CCTV. Direncanakan selesai akhir Maret sekaligus uji operasional,” kata Irvan.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebelumnya mengatakan pemilihan nama jembatan Ujung Galuh berdasarkan sejarah Zaman Majapahit.

“Dahulu Surabaya itu namanya Ujung Galuh, makanya saya pilih nama itu,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, dirinya berencana untuk melabeli setiap infrastruktur sesuai karakter Surabaya, seperti halnya Stadion Bung Tomo yang ada di kawasan Tandes, nantinya, nama jalannya akan diubah sesuai dengan nama aslinya.

“Tapi itu nanti, kan butuh waktu dan proses yang panjang,” katanya.

Ditanya perbedaan jembatan Ujung Galuh dengan jembatan yang lain, Risma mengaku bahwa jembatan ini memiliki keunikan ketimbang jembatan yang lain.

“Jembatan ini menyatu dengan lingkungan, beda dengan yang lain,” katanya.

Ditanya soal desain dan penambahan-penambahan apa yang dirasa kurang, Wali Kota Perempuan pertama di Surabaya ini menuturkan, desain jembatan merupakan garapannya sendiri.

Selain itu, lanjut dia, jembatan Ujung Galuh sudah selesai 100 persen, hanya saja, masih perlu penambahan lampu, traffic light, pelebaran jalan dan penataan taman serta penambahan jogging track di sekitar jembatan.

“Nanti di sekitar taman akan dibuat jogging track. Bahannya, terbuat dari potongan-potongan sandal jepit, jadi kalau diinjak tidak sakit. Ya, itung-itung daur ulang barang bekas, sayang kalau tidak dimanfaatkan,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Nilai-Nilai Tengger Diharapkan Dapat Diteladani Atlet-Atlet Asian Games

PROBOLINGGO, SERUJI.CO.ID - Sesepuh suku Tengger Supoyo berharap atlet-atlet Indonesia di Asian Games 2018 meneladani nilai-nilai yang dipegang masyarakat Tengger yakni "anteng" dan "seger". Hal...

Politikus: Jokowi Akan Lebih Mudah Merealisasikan Pekerjaannya Bersama PKB

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Fandi Utomo menilai pekerjaan Jokowi akan lebih mudah jika bersama PKB pada Pemilihan Umum Presiden RI...
KPU

KPU: Verifikasi Caleg Akan Diselesaikan Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia menyatakan bakal menyelesaikan verifikasi administrasi calon anggota Legislatif (Caleg) DPR RI pada Sabtu (21/7) malam hari...

Gempa Sumbar Sebabkan 12 Rumah Rusak

AROSUKA, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, Sumatera Barat mencatat sebanyak 12 rumah mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 5,5 Skala...
Gempa

Solok dan Dharmasraya Juga Rasakan Gempa Padang

PADANG, SERUJI.CO.ID - Gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter yang menguncang kota Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (21/7) pukul 14.58 WIB juga dirasakan di Solok...