Dilanda Kekeringan Parah, Ribuan Muslim Pamekasan Gelar Shalat Istisqa

PAMEKASAN, SERUJI.CO.ID – Dalam rangka memohon kepada Allah SWT agar menurunkan hujan setelah dilanda kekeringan yang parah, ribuan umat Islam Pamekasan pada Senin (22/10) pagi melaksanakan shalat Istisqa di tanah lapang dekat Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Bata-bata Palengaan.

“Semua santri dan alumni telah diinstruksikan oleh pengasuh pondok pesantren untuk ikut shalat meminta hujan yang digelar mulai pukul 06.30 WIB pagi ini,” kata juru bicara Alumni Pondok Pesantren Bata-bata Moh Ali Muhsin.

Warga datang berbondong-bondong ke lapangan madrasah di dekat pesantren Bata-bata sejak sekitar pukul 06.00 guna melaksanakan shalat Istisqa.

Kecamatan Palengaan merupakan salah satu kecamatan yang musim kemarau ini menghadapi kekeringan parah di Kabupaten Pamekasan. Warga di kecamatan ini kesulitan sudah mendapatkan air bersih. Sebagian terpaksa mandi di sungai berair keruh dan berlumut karena sumur-sumur mereka mengering.

BACA JUGA:  Wabup Sumenep Dukung Pemotongan Gaji ASN untuk Zakat

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan ada 315 dusun di 80 desa yang mengalami kekeringan di Kabupaten Pamekasan. Tahun ini dampak kekeringan lebih luas dibandingkan tahun lalu, ketika 299 dusun yang mengalami kekeringan.

Kepala BPBD Pamekasan Akmalul Firdaus mengatakan tahun ini wilayah Pamekasan menghadapi kekeringan langka dan kekeringan kritis.

Kekeringan langka terjadi ketika pemenuhan kebutuhan air di dusun hanya di bawah 10 liter saja per orang per hari dan jarak tempuh dari rumah warga ke sumber mata air terdekat sekitar 0,5 kilometer hingga tiga kilometer.

BACA JUGA:  Berbeda Dengan Legislator, Polisi Tegaskan Penyerang Ulama Belum Dipastikan Gila

Kekeringan kritis terjadi saat pemenuhan kebutuhan air warga di dusun hanya 10 liter lebih per orang per hari, dan jarak yang ditempuh untuk mendapatkan air bersih sejauh tiga kilometer bahkan lebih.

Jumlah desa yang dilanda kekeringan dan kekurangan air bersih kali ini berbeda dengan data 2017. Sebab kala itu, kekeringan melanda 80 desa yang tersebar di 299 dusun di 10 kecamatan di wilayah itu.

Akmalul Firdaus mengatakan BPBD mengoperasikan delapan mobil tangki untuk mendistribusikan bantuan air bersih ke dusun-dusun yang menghadapi kekeringan dan kekurangan air bersih di 80 desa di 10 kecamatan di Pamekasan. (SU05)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Bangsa

Walaupun telah merdeka secara politik sejak tahun 1945, akan tetapi RI masih terus tergantung produk perusahaan-perusahaan asing hingga saat ini. Mulai dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya kita menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk perusahaan asing. Mulai dari urusan remeh temeh seperti semir sepatu dan jarum jahit sampai urusan canggih-canggih seperti pesawat terbang dan gadged.

Pajak Turun Jadi 1%, Inilah 4 Lokasi Hunian Mewah yang Diincar Konglomerat di Jakarta

Pemberlakuan aturan baru tentang pajak hunian mewah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 92/PMK.03/2019, digadang-gadang dapat memberikan angin segar terhadap penjualan properti khususnya di segmen atas. Aturan baru tersebut merevisi harga ambang rumah mewah dari Rp 20 miliar menjadi 30 Miliar per unit. Kemudian juga menurunkan tarif untuk pajak barang mewah dari 5% menjadi 1%.

Hindari Terjadinya Rush Money, Pakar Keamanan Minta Bank Mandiri Segera Pulihkan Sistem

Pakar keamanan siber dari Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) Dr Pratama Persadha menyarankan agar Bank Mandiri segera memulihkan sistem guna mencegah pengambilan dana besar-besaran dari bank (rush money).

Saldo Rekening Anda Tiba-Tiba Berkurang/Bertambah? Begini Penjelasan Bank Mandiri

Sejak pagi tadi, Sabtu (20/7) beberapa nasabah Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengeluhkan saldo di rekeningnya tiba-tiba berubah. Ada yang saldonya berkurang bahkan jadi nol, ada juga yang tiba-tiba bertambah.

Caleg Gerindra Terpilih Wajib Setor Ratusan Juta ke Partai Sebelum Dilantik, Begini Penjelasannya

Seluruh Calon Anggota Legislatif (caleg) dari Partai Gerekan Indonesia Raya (Gerindra) yang terpilih pada Pileg 2019, harus siap-siap kembali merogoh kantong sebelum dilantik sebagai anggota legislatif.

Pakar Gempa AS Minta Maaf ke Masyarakat NTB Atas Prediksi Potensi Gempa di Lombok

Ahli geologi dan kegempaan asal Amerika Serikat, Prof Ron A Harris meminta maaf kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) atas pernyataanya mengenai hasil penelitian potensi gempa di selatan Lombok, sehingga membuat rasa takut masyarakat.

Indonesia Kecam Dewan Kota Oxford Yang Berikan Penghargaan Pada Benny Wenda

Pemerintah Indonesia mengecam keras pemberian penghargaan oleh Dewan Kota Oxford, Inggris, kepada Benny Wenda, anggota kelompok gerakan separatis Kemerdekaan Papua Barat.

Terbukti Langgar Kode Etik Saat Pemilu 2019, DKPP Copot Ketua KPU Sumut

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut), Yulhasni diberi peringatan keras dan dicopot dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

Jokowi-Prabowo Bertemu, Berakhirlah Era Cebong-Kampret

Akhirnya Presiden terpilih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Jokowi bertemu dengan calon Presiden Prabowo Subianto. Pertemuan bersejarah itu terjadi di stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus Jakarta Selatan, Sabtu (13/7) pukul 10.00 WIB.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Yuk, Kenali Jenis Busana Tunik